DISTANAK ANCAM ELIMINASI ANJING WARGA YANG BERKELIARAN

Administrator - Selasa,25 Agustus 2015 - 15:45:14 wib
DISTANAK ANCAM  ELIMINASI ANJING WARGA YANG BERKELIARAN

PEKANBARU (RRN)  -  Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, mengancam  akan mengeliminasi anjing warga yang dibiarkan berkeliaran dimalam hari.

Eliminasi ini gunanya  menghindari penyebaran gigitan hewan penular rabies.  

"Kami mengeliminasi anjing yang masih berkeliaran pada malam hari antara pukul 01.00 -02.00 wib," sebut Kadistanak Pekanbaru, El Syabrina, Senin (24/8).

El menjelaskan, eliminasi anjing berkeliaran saat malam hari memang sengaja dilakukan, dengan anggapan jika ditemukan binatang sebagai vektor rabies ini tidak memiliki tuan.

Hal ini sudah disosialisasikan langsung kepada masyarakat se-Pekanbaru. Agar mengandangkan anjing peliharaannya saat malam hari.

"Bagi yang membiarkan anjing peliharaannya berkeliaran saat malam hari maka akan dieliminasi," tutur El.

Sebab terang El, anjing adalah salah satu Hewan Penyebar Rabies (HPR) sehingga perlu diwaspadai keberadaannya. Untuk itu setiap pemilik harus menjaga dan memelihara dengan baik termasuk memvaksin anti rabies.

"HPR itu ada pada kucing, anjing dan kera," ujarnya.

Berbicara eliminasi, El menerangkan, telah membentuk tim petugas yang akan mendatangi pemukiman warga saat malam hari.

"Mereka akan memantau tengah malam jika menemukan ada anjing berkeliaran di jalan raya maka akan diberi daging yang sudah dilumuri racun,"jelasnya.

Racun tersebut akan bereaksi menyebabkan kematian dalam 30 menit setelah anjing memakan daging.

"Setelah itu anjing akan diamankan," ujarnya lagi.


  Hal ini lanjut El dilakukan pada 12 kecamatan yang ada di Pekanbaru.  Tujuan akhirnya jelas menargetkan Pekanbaru bebas rabies pada tahun 2016.
  "Maka dari itu kami himbau bagi pemilik hewan peliharaan anjing, tolong dikandangkan pada malam hari,"ajaknya


  Selain itu masih El sebutkan, agar HPR milik warga divaksinasi sekali setahun. Sistemnya boleh mandiri dengan membawa ke dokter hewan terdekat.
  Atau bisa lewat Distanak yang memberikan vaksinasi gratis setiap tahun, tentunya dengan berkoordinasi dengan Kelurahan masing-masing.
  Data Distanak Pekanbaru mencatat sekitar 6.000 an HPR divaksinasi gratis.(lusi).