Dianggap Gagal, Kadis PK Bengkalis Optimis Pasar SSK Duri Berfungsi

Administrator - Selasa,04 Oktober 2016 - 11:20:24 wib
Dianggap Gagal, Kadis PK Bengkalis Optimis Pasar SSK Duri Berfungsi
Kadis PK Bengkalis membantah anggapan masyarakat ppembangunan pasar modern SSK Duri mubazir. rtc
RADARRIAUNET.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pasar dan Kebersihan (PK) Bengkalis, Indra Gunawan menyatakan optimisnya akan berfungsinya Pasar Modern Sultan Syarif Kasim (SSK) Duri, Kecamatan mandau, Bengkalis akan ramai ditempati pedagang meski sejumlah kalangan menilai pasar tersebut bakal sepi pedagang dan terkesan mubazir akan keberadaannya.
 
"Berbagai formula akan kita coba meramaikan dan memulai operasi pasar modern ini, sebelumnya kita juga sudah mensosialisasikan keberadaan pasar ke sejumlah masyarakat disetiap Kelurahan. Kita optimis pasar SSK ini akan ramai ditempati pedagang," ujar Indra Gunawan melalui sambungan telepon genggamnya Senin (3/10/16).
 
Dari catatanawak media, bangunan pasar modern yang dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pembelanjaan Daerah (APBD) Bengkalis tahun 2014 senilai Rp6 Milliar lebih tersebut enggan ditempati pedagang dengan sejumlah alasan diantaranya lokasi pasar yang tidak berada dipinggir jalan utama dan sistem keamanan yang tidak layak hingga membuat pedagang enggan meninggalkan barang dagangannya meskipun telah dijaga sejumlah Security.
 
"Bukan kami tidak mau menempati pasar itu, lokasinya tidak strategis dan sepi pembeli. Sementara jika pasar baru, otomatis penyesuaian ramai tidaknya pembeli pasti butuh waktu, nah sementara kita tidak cukup modal besar menunggu sampai pasar itu ramai," curhat Riko, salah seorang pedagang saat berbincang dengan awak media.
 
Selain lokasi dan lemahnya sistem keamanan pasar, tak jarang Pasar SSK itu dimanfaatkan oleh sejumlah komunitas untuk melakukan hal - hal negativ. Seperti temuan Kabid Pasar, Nizamuddin saat melakukan kunjungan ke pasar SSK tersebut beberapa bulan lalu. Selain menemukan ceceran puluhan lem cap kambing, disekitar bangunan pasar yang kini juga mendapat kucuran dana sebesar Rp 7 Milliar lebih itu ditemukan juga alat kontrasepsi yang telah digunakan. Miris, padahal bangunan itu dijaga beberapa orang petugas keamanan dengan sistem aplusan.
 
Kini, sempena peringatan HUT TNI ke - 71, pertaruhan optimisme orang nomor satu di Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bengkalis itu bakal kembali diuji oleh ramai atau tidaknya Pedagang menempati lapak - lapak yang telah tersedia dan juga digratiskan dari administrasi Sewa.
 
 
rtc/radarriaunet.com