Ini Alasan Ayat Cahyadi Kembali Berpasangan dengan Firdaus

Administrator - Kamis,22 September 2016 - 13:39:41 wib
Ini Alasan Ayat Cahyadi Kembali Berpasangan dengan Firdaus
Firdaus-Ayat. hal

RADARRIAUNET.COM - Kembalinya nama Firdaus dan Ayat Cahyadi bersanding sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru 2017 mengundang pertanyaan dari berbagai kalangan.

Pasalnya sempat beredar kabar bahwa Ayat Cahyadi tidak akan maju bersama Firdaus namun bersama Irvan Herman anak dari mantan Walikota Pekanbaru, Herman Abdullah.

Ketua Pemenangan Pilkada Riau dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sekaligus Anggota Komisi E DPRD Riau, Mansur HS mengatakan alasan Ayat Cahyadi tidak maju sebagai calon Walikota Pekanbaru dikarenakan Ia tidak punya cukup koalisi.

Mansur menjelaskan saat itu Ayat hanya mampu mendapatkan tujuh kursi yaitu dari Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak empat kursi dan PKS sebanyak tiga kursi. Sehingga syarat sembilan kursi tidak mampu dipenuhi.

"Saat itu kita berikan dedline kepada Ayat sampai awal Agustus, kita berikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan calon pendampingnya sekaligus memfinalkan partai pengusung. Setelah diberikan tenggang waktu ternyata Ayat tidak mampu melakukan lobi-lobi tersebut, dengan berbagai alasan. Sementara bakal pendamping Ayat saat itu (Irvan Herman) belum juga mendapat rekomendasi dari partai penyusungnya yaitu PAN. Lalu tanggal 8 Agustus dilakukan rapat pleno kembali dan Ayat menyerahkan semua kepada struktur partai dengan alasan dia akan berangkat haji," tutur Mansur, Selasa (20/9/2016).

Selanjutnya, Struktur melakukan rekomendasi dengan bakal calon yang akan bergandeng dengan Ayat Cahyadi. Tetapi didalam perjalanan Irvan Herman yang masih belum jelas kedudukanya pada saat itu juga tidak mau ketinggalan perahu. Dia juga melakukan lobi-lobi kepada sejumlah calon yang bakal bergandeng dengannya dan akhirnya berlabuh pada Ramli Walid.

Sama seperti Irvan Herman, tak disangka-sangka Firdaus MT, selaku Walikota Pekanbaru yang masih bergandengan dengan Ayat Cahyadi kembali menawarkan diri untuk mengajak Wakilnya tersebut maju kembali di Pilwako 2017 nanti.

"Melihat kontrasi politik tersebut akhirnya Firdaus dan Ayat kembali maju. Dan keluarlah surat rekomendasi Firdaus dan Ayat dari Partai Demokrat," jelas Mansur.

Tetapi untuk deklarasi kedua calon ini belum menetapkan tanggal pastinya. Dalam hal ini mereka hanya akan melakukan pendaftran saja terlebih dahulu. Dikarenakan Ayat Cahyadi yang baru berpulang dari Tanah Suci dalam rangka pelaksanaan ibadah haji.

"Sampai hari ini kita sudah punya 14 kursi. Untuk PKS tiga kursi, Demokrat enam kursi, dan Gerindra lima kursi. Saya pikir itu sudah cukup bisalah untuk berlayar," pungkasnya.


hal/fn/radarriaunet.com