Gubri: Maksimalkan Hujan Buatan

Administrator - Sabtu,27 Agustus 2016 - 12:49:16 wib
Gubri: Maksimalkan Hujan Buatan
ilustrasi. rbc
RADARRIAUNET.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyarankan agar langkah pembuatan hujan buatan dimaksimalkan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengatasi dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.
 
Poin ini menjadi perhatian, karena musim kemarau sudah mulai melanda Riau."Ya langkah antisipasi dan penanganan terus dilakukan. Mumpung awan masih ada, bagus untuk membuat hujan buatan," tuturnya.
 
Menurutnya, saat ini pihak-pihak terkait terus mengupayakan pemadaman api di beberapa lahan yang terbakar. Bahkan, tim Satgas Karlahut melakikan pemadaman melalui jalur darat maupun di udara dengan sistim water bombing.
 
Untuk memaksimalkan langkah antisipasi, Gubri juga tetap mengimbau kepada perusahaan dan masyarakat untuk dapat bekerja sama. Seperti tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan.
 
"Ya semua pihak harus bersinergi. Jadi jangan bakar-bakarlah. Pasalnya ada konsekuensi bagi pembakar lahan sudah jelas di mata hukum. Dimana, elaku Karlahut akan ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,'' tegasnya.
 
 
rbc/fn/radarriaunet.com