Kaum Hawa Meriahkan Pacu Sampan

Administrator - Jumat,21 Agustus 2015 - 11:15:58 wib
Kaum Hawa Meriahkan Pacu Sampan

TEMBILAHAN (RRN) - Menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, masyarakat Desa Airbagi, Kecamatan Concong, meriahkan dengan perlombaan pacu sampan yang tak hanya diikuti kaum lelaki, tapi juga diikuti kaum hawa.


Kegiatan pacu sampan ini diikuti puluhan peserta, baik dari Desa Airbagi, maupun masyarakat di desa tetangga seperti Kampung Baru dan desa tetangga lainnya yang ada di Kecamatan Concong.

"Perlombaan pacu sampan ini, selain sebagai ajang perlombaan, juga menumbuhkan rasa kekompakan dan solidaritas antar masyarakat di Desa Airbagi dan seluruh masyarakat Concong," ujar Kepala Desa  Airbagi Erwinayah.


Lebih jauh dikatakan, ajang pacu sampan ini juga gunamenumbuhkan kreativitas menakhodai sampan bagi masyarakat tempatan, yang kesehariannya lebih banyak menggunakan sampan sebagai salah satu transportasi. "Ini merupakan suatu cerminan keseharian warga yang ada disini, yang modal transportasi utama adalah sampan," jelasnya. Diharapkan perlombaan ini dilestarikan guna  meningkatkan kualitas budaya mendayung sampan masyarakat tempatan. (teu/rmn)