Bokor World Music 2016 Dianggarkan pada APBD-P Provinsi Riau

Administrator - Jumat,19 Agustus 2016 - 13:50:39 wib
Bokor World Music 2016 Dianggarkan pada APBD-P Provinsi Riau
Bokor World Music 2016 Dianggarkan pada APBD-P Provinsi Riau. gor

RADARRIAUNET.COM - Usaha yang tak mengenal lelah oleh Sopandi SSos Ketua Sanggar Bathin Galang, Desa Bokor, Kepulauan Meranti, Riau, dalam mengembalikan kejayaan seni Melayu di Kota Sagu mulai dapat perhatian khusus dari Provinsi Riau.

Melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau akan membantu perhelatan tahunan Bokor World Music, di Desa Bokor. Pernyataan itu disampaikan langsung laki-laki yang akrab dipanggil Atah Pandi itu. Di saat daerah kekurangan anggaran akibat rasionalisasi, Sopandi terus saja memutar otak guna menyukseskan kegiatan tahunan itu. Dengan tekad kuat, meski tak punya dana lebih, Sopandi mendatangi dan berkoordinasi dengan Disparekraf Riau.

"Alhamdulillah mereka (Disparekraf) telah menyatakan siap mensponsori Bokor World Music," kata Sopandi, kepada wartawan, Senin (15/8/2016).

Kata Sopandi, berdasarkan komunikasinya dengan pihak Disparekraf kemarin, anggaran untuk Bokor World Music akan diusulkan. Dalam APBD-Perubahan tahun 2016. Ia sangat berharap anggaran tersebut disetujui dewan provinsi, guna mempertahankan khazanah Melayu.

"Komunikasi kita bersama pihak provinsi memang sudah dilakukan sejak lama, dengan harapan ada dukungan finansial mengingat kondisi keuangan Kepulauan Meranti yang sangat minim," kata Sopandi.

"Kalau berharap dukungan anggaran dari Pemkab Meranti sangat susah untuk saat ini," tambahnya.

Ketika disinggung terkait waktu pelaksanaan, Sopandi belum bisa memberikan kepastian. Namun, sesuai rencana, kata Sopandi juga, panitia akan melaksanakannya sekitar minggu kedua bulan November. "Kita tunggu kepastian dari provinsi dulu. Kalau memang disetujui, langsung kita gerakkan," ujar Sopandi.

Dari bocoran yang didapatnya, ada 8 kegiatan seni budaya se Provinsi Riau yang dimasukkan dalam usulan perubahan 2016 ini. Dintaranya, Riau Hitam Putih, Bono Jazz Festival dan Bokor World Music. Pihak Disparekraf juga akan mengupayakan suport dari Kementerian Pariwisata untuk mengirimkan artis nasional tampil dan mengisi acara yang diikuti berbagai musisi termasuk dari luar negeri.


gor/fn/radarriaunet.com