Dua Speedboat Pemkab Bengkalis Ludes Terbakar

Administrator - Senin,06 Juni 2016 - 09:23:16 wib
Dua Speedboat Pemkab Bengkalis Ludes Terbakar
Warga Bengkalis dikejutkan dengan dua speedboat milik Pemkab yang tiba-tiba terbakar. (foto : int)

RADARRIAUNET.COM - Dua unit Speedboat yang sedang sandar di Sungai Bengkel, Jalan Sudirman Bengkalis tiba-tiba terbakar, Kamis (2/6/16) sekitar pukul 18.40 WIB. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran dua unit kapal terbuat dari viber itu.
    
Menurut keterangan sejumlah warga, kebakaran kapal diketahui setelah melihat mengepulnya asap hitam dari arah pelabuhan Sungai Bengkel. Api seketika dengan cepat menjalar ke seluruh bodi kapal. "Awalnya saya sangat terkejut, dengan kepulan asap hitam tebal naik diatas udara, saya kira lokasi Pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL), tapi ternyata dua kapal yang terbakar," ujarnya Muhammad salah seorang warga yang ikut menyaksikan kebakaran dua kapal tersebut.
    
Meskipun petugas dari Pemadam Kebakaran (Damkar) sempat berusaha menjinakkan api, namun kapal tak berhasil diselamatkan. Musibah kebakaran ini masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.    

Kebakaran dua unit kapal milik Pemkab Bengkalis ini, sempat mengundang ratusan warga untuk menyaksikan lebih dekat dan sempat mengakibatkan kemacetan ruas Jalan Sudirman, Cokroaminoto dan Jalan Bengkalis.
     
Wakil Bupati Bengkalis, H. Muhammad mengaku telah melaporkan peristiwa kebakaran speedboat yang baru saja digunakannya untuk kunjungan kerja ke Pulau Rupat ke Polres Bengkalis. "Kita sudah lapor ke Polisi terkait kejadian ini. Kita harapkan Polisi mengusut tuntas penyebabnya," harap Wabup saat meninjau kebakaran yang menghanguskan Speedboat Pemdalis dan DPRD Bengkalis, Kamis (2/6/2016).
    
Speedboat Pemkab Bengkalis yang terbakar disungai bengkel,kamis,2/6/2016. skc

Wabup mengaku terkejut ketika mendengar kabar speedboat yang dikendarainya siang tadi terbakar. "Tadi kita pakai Pemdalis, 1 jam 15 menit dari Bengkalis ke Rupat dan 1 jam 15 dari Rupat ke Bengkalis. Rasanya tidak ada apa-apa. Saya berharap Polisi bisa mengusut tuntas penyebabnya," ujar Wabup seraya mengatakan belum menaruh curiga kebakaran itu disengaja.
    
Menurut petugas jaga gudang parkir kendaraan laut milik Pemkab Bengkalis, Rozali yang saat kejadian berada di lokasi, sempat terdengar ledakan keras dari Speedboat Pemdalis 04 yang diduga sebagai pemicu terbakarnya speedboat DPRD Bengkalis. "Sempat terdengar ledakan dari speed Wabup. Ledakannya keras sekali," ujar Rozali yang mengaku berada di dalam gudang saat ledakan terjadi dan sempat kocir kacir.
    
Ketika ditanya apakah ada kegiatan pengisian BBM sebelum terjadi kebakaran, menurut Rozali tidak ada. "Tak, tak ada kegiatan isi minyak di speedboat," ujarnya.
    
Belum diketahui penyebab pasti kebakaran kedua kapal cepat tersebut. Pihak Polres Bengkalis tampak membawa Rozali, yang merupakan saksi mata di lokasi kejadian, untuk dimintai keterangan.
     
Sementara Kepala BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis, M. Jalal saat dikonfirmasi mengatakan, dugaan awal sumber api berasal dari Speedboat Pemdalis 04 yang sedang terparkir di rumah boat. "Informasi awal yang kita terima di lokasi kebakaran dari saksi mata, api bermula dari Pemdalis 04. Lalu menjalar ke speedboat DPRD," urai Jalal.
    
Api baru berhasil dipadamkan satu jam setelah kebakaran setelah BPBD Damkar mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran. "Alhamdulilah api bisa dipadamkan. Hanya dua speed boat yang terbakr, speed yang lain bisa diselamatkan," jelas Jalal.


teu/rtc/grc/radarriaunet.com