Katarak, Kabut Dalam Mata

Administrator - Rabu,18 Mei 2016 - 20:03:20 wib
Katarak, Kabut Dalam Mata
ilustrasi. CNN/Boris Kaulin/Thinkstock
RADARRIAUNET.COM - Katarak merupakan keadaan di mana lensa mata kita tertutupi kabut yang berada di balik iris dan pupil kita. Katarak merupakan salah satu penyebab hilangnya penglihatan, yang biasanya terjadi pada rentang usia 40 tahun keatas. 
 
Sekarang ini katarak telah mempengaruhi lebih dari 22 juta orang Amerika yang berumur 40 tahun ke atas. Diperkirakan juga akan mencapai 30 juta orang pada tahun 2020 menurut Prevent Blindness America (PBA). 
 
Katarak ini juga tidak menutup kemungkinan terkena pada anak-anak lho. Faktor penyebab terjadinya katarak biasanya adalah penggumpalan protein yang terdapat di mata dan dapat semakin besar apabila tidak segera diobati. 
 
Selain itu, katarak juga disebabkan oleh pengaruh radiasi ultraviolet yang bukan hanya berasal dari sinar matahari. Diabetes dan hipertensi pun juga dapat menjadi penyebab katarak. 
 
Nah, jangan takut. Katarak juga dapat dicegah melalui memperbanyak konsumsi vitamin E, Lutein, dan Zeaxathanin. Kedua bahan ini bisa didapat dari suplemen maupun dari bahan pangan. Biji matahari, almond, dan bayam merupakan sumber vitamin E yang baik. Sedangkan Lutein dan Zeaxathanin dapat diperoleh melalui konsumsi kale dan sayuran hijau lainnya. 
 
 
Indah/Cnn