Diprotes Soal Reklamasi, Ahok Ungkit Pengurukan Hal serupa di Marunda

Administrator - Senin,18 April 2016 - 22:08:45 wib
Diprotes Soal Reklamasi, Ahok Ungkit Pengurukan Hal serupa di Marunda
Ahok mengungkit reklamasi PT KCN di Marunda yang dinilainya menyalahi aturan. Aghnia Adzkia CNN
RADARRIAUNET.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempertanyakan proyek reklamasi PT Karya Citra Nusantara di Pantai Marunda Jakarta Utara yang tak pernah dipermasalahkan. Padahal pengurukan pantai tersebut dinilai Ahok justru melanggar aturan dan penuh kejanggalan.
 
"Mereka menguruk salah, tanpa izin. Sebanyak 12 hektare loh, buat stok pasir, batu bara dan sebagainya, kok ga ada yg ribut?" kata Gubernur yang biasa disapa Ahok ini di Balai Kota Jakarta, Senin (18/4).
 
Ahok menyebut dampak lingkungan yang diakibatkan proyek reklamasi itu paling parah. Sebab, reklamasi yang dilakukan dengan cara memperluas daratan, bukan membuat pulau baru di tengah laut. 
 
Menurutnya, jika mau jujur, akibat reklamasi PT KCN itu, banyak nelayan Marunda yang juga kehilangan mata pencaharian.
 
"Ketua nelayan nggak pernah kritik itu, cuma kritik swasta. Ketua kelompok nelayan itu nelayan apa bukan? Sepertinya bukan," ujar Ahok.
 
Proyek reklamasi di Marunda itu digarap oleh Badan Usaha Milik Negara PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) yang dikembangkan oleh anak perusahaannya yakni PT KCN. Ahok tak menampik ada saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di PT KCN.
 
Pemprov DKI Jakarta sendiri sudah berencana membongkar reklamasi yang dilakukan PT KCN. Prosesnya akan dikirim surat peringatan pertama hingga ketiga sebelum dilakukan surat perintah bongkar.
 
Proyek reklamasi di Marunda tersebut berbeda dengan proyek reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta di mana izin diberikan pada swasta. Kini reklamasi 17 pulau tersebut terus diprotes dan sejumlah pihak mendesak izin dicabut agar reklamasi dihentikan. 
 
 
CNN/ ALEX HAREFA