Obama Telepon Presiden Myanmar, Selamati Digelarnya Pemilu Demokratis

Administrator - Senin,16 November 2015 - 13:22:27 wib
Obama Telepon Presiden Myanmar, Selamati Digelarnya Pemilu Demokratis
foto: detik.com

YANGON (RRN) -  Presiden Amerika Serikat Barack Obama menelepon Presiden Myanmar Thein Sein untuk mengucapkan selamat atas digelarnya pemilihan umum yang bersejarah. Partai yang dipimpin tokoh oposisi Aung San Suu Kyi meraih suara mayoritas dalam parlemen.

"Presiden AS Obama... menyampaikan ucapan selamat kepada presiden (Thein Sein) dan seluruh pemerintah atas terselenggaranya pemilihan umum bersejarah yang bebas dan adil," ucap juru bicara kepresidenan Myanmar, Ye Htut, yang juga menjabat Menteri Informasi Myanmar, seperti dilansir Reuters, Sabtu (14/11/2015).

"Beliau mengatakan Amerika akan melanjutkan kerjasama dengan pemerintah Myanmar," imbuhnya.

Komisi pemilihan umum di Myanmar mulai merilis hasil penghitungan suara. Hasil sementara menunjukkan Liga Nasional Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi jauh mengungguli Partai USDP yang dipimpin Presiden Sein. NLD dilaporkan meraup lebih dari 80 persen kursi parlemen setempat dalam pemilu yang digelar pada Minggu (8/11).

Presiden Sein dan komandan militer Myanmar Min Aung Hlaing telah mengucapkan selamat atas kemenangan partai Suu Kyi pada Rabu (11/11). Pemilu kali ini dianggap sebagai yang paling demokratis di Myanmar dalam 25 tahun terakhir.

Total ada 440 kursi parlemen di Myanmar, sebanyak 330 kursi dipilih melalui pemilu langsung sedangkan 110 dialokasikan untuk militer Myanmar. Dari 330 kursi yang diperebutkan dalam pemilu, NLD harus meraup sedikitnya dua pertiganya untuk menguasai parlemen atau di atas 221 kursi.

Sejauh ini, hasil penghitungan suara menunjukkan partai yang dipimpin Suu Kyi meraup 196 kursi parlemen. Hasil penghitungan resmi baru akan diumumkan selang dua minggu setelah pemungutan suara digelar. (nvc/nrl/fn)