20 UMKM Terima Anugerah UMKM Awards Bank Riau Kepri

Administrator - Senin,02 November 2015 - 10:15:57 wib
20 UMKM Terima Anugerah UMKM Awards Bank Riau Kepri

PEKANBARU (RRN) - Sebanyak 20 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) se-Provinsi Riau dan Provinsi Kepri terpilih sebagai pemenang UMKM Awards Bank Riau Kepri (BRK) ke-7 tahun 2015. Ke-20 peraih UMKM Awards binaan BRK ini dibagi atas 4 kategori dengan masing-masing lima pemenang.

"Kegiatan ini untuk memberikan penghargaan kepada UMKM binaan yang dianggap sukses dan mampu memberikan dampak positif bagi industri kecil di Riau dan Kepulauan Riau. UMKM sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga perlu diberikan penghargaan setiap tahunnya. Penghargaan berupa award ini merupakan komitment Bank Riau Kepri dalam membantu pemerintah untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap UMKM di Riau," ungkap Direktur Utama Bank Riau Kepri, DR H Irvandi Gustari, Kamis (29/10/2015).

Untuk proses seleksi UMKM yang terpilih, Kepala Dinas Koperasi 7 UMKM Provinsi Riau, Drs Darius Husin, MM yang juga ketua dewan juri menjelaskan, proses seleksi dilaksanakan di seluruh Kantor Cabang, Capem dan Kedai bank Riau Kepri.

Pada UMKM Awards Bank Riau Kepri 2015 ini data debitur yang masuk pada bulan Agustus sebanyak 343 di wilayah Riau dan Kepulauan Riau. Selanjutnya dari data tersebut dilakukan penjurian tahap pertama hingga terpilih hanya 80 UMKM. Indikator seleksi yang digunakan adalah lokasi usaha, jangka waktu usaha, plafon pinjaman, produk dan lama usaha yang dijalankan.

Kemudian dilakukan penjurian tahap kedua, para debitur yang masuk menjadi 40 disurvei langsung oleh dewan juri pada September lalu. Di sini kembali ada tambahan indikator yang digunakan, yakni jumlah tenaga kerja yang digunakan, hubungan dengan bank.

Selanjutnya sampailah pada seleksi menuju 20 UMKM dengan proses penjurian yang dilakukan secara independen oleh empat juri yang berkompeten dari empat latarbelakang berbeda yakni dari Diskop dan UMKM Provinsi Riau, Ketua IWAPI Riau, Ir Hj Irma Hafida Rachman, MBA, Nurmansyah dari akademisi (dosen) dan Diskop 7 UMKM Provinsi Kepri.

"Untuk seleksi tahap tiga dengan 20 UMKM yang terpilih kita menambah indikator seperti melakukan wawancara langsung dengan menilai kemapuan manajemen, penguasaan pekerjaan dan kreativitas serta lainnya," kata Darius.

Empat Kategori


Untuk kategori penerima anugerah UMKM Awards 2015 ada empat kategori dengan masing-masing ada lima pemenang. Keempat kategori itu adalah, pertama, usaha keci untuk jasa/perdagangan. Kedua, kategori usaha kecil untuk produksi dan ketiga usaha mikro untuk jasa/perdagangan serta keempat,
usaha mikro untuk produksi.

"Kami mewakili Pemprov Riau sangat mengapresiasi untuk menumbuh kembangkan UMKM di Riau yang sejalan dengan visi dan misi Diskop 7 UMKM, menjadikan koperasi dan UMKM berdiri sejahtera dan berdaya saing," beber Darius.

Sebelumnya, Direktur Kredit dan Syariah, Afrial Abdullah menjelaskan ke depan akan ada divisi khusus menangani kredit mikro sebagai salah satu bentuk komitmen Dirut Bank Riau Kepri dalam menumbuh kembangkan UMKM di Provinsi Riau dan Kepri.

Untuk diketahui, malam penganugerahan UMKM Awards Bank Riau Kepri yang akan digelar di Hotel Pangeran pada Jumat (30/10/2015) malam besok, akan dihadiri Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman serta bupati/walikota. (hal/fn)