Pekan Muharram 1437 H, Umat Islam di Rohul Hijrah Pada Kebaikan

Administrator - Kamis,15 Oktober 2015 - 10:32:04 wib
Pekan Muharram 1437 H, Umat Islam di Rohul Hijrah Pada Kebaikan
Bupati Rohul Lepas 1000 Ekor Burung Merpati di Masjid Agung (foto : humas)

PASIRPANGARAYAN (RRN) - Pekan Muharram 1437 Hijriyah, di Masjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Rokan Hulu (Rohul), umat Islam di Negeri Seribu Suluk banyak mengalami perubahan, terlihat umat Islam hijrah pada kebaikan dan peningkatan kualitas keimanan.


Pencanangan dan pembukan pekan Muharram dilaksanakan di Plaza MAMIC Rohul, Rabu (14/10/2015), langsung dilakukan Bupati Rohul Achmad, tampak hadir juga Sekdakab Rohul Damri Harun, Artis KDI Novita Alya, Kepala Dinas, Badan, Kantor dan ribuan pelajar serta umat Islam lainnya.


Bupati Rohul menjelaskan pekan muharram ini, akan menjadi  sprit semangat di tahun baru, jadi momentum seperti ini sangat penting, kalau masa itu terus berjalan, masa lalu tidak akan kembali, masa yang akan datang penuh misteri. " Jadi dengan ada kegiatan seperti terasa sekali kalau telah terjadi peristiwa pergantian tahun," tuturnya.


Lanjutnya dengan kemeriahan pekan Muharram terasa sekali ada nuansa keagamaan lestari di tengah-tengah masyarakat. Namun semangat menyemarakkan 1 Muharram ini, Achmad berterima kasi kepada seluruh anak-anak sekolah dan para guru-guru yang ikut aktif memeriahkannya. "Nanti pada puncak kegiatan Muharram ini akan mewisuda seribu orang penghapal alquran, ini salah satu hasil pencangan, Rohul menghafal Alquran dan  salah satu cara memotivasi masyarakat untuk giat mengahafal alquran. Nanti akan kita pengahafal alquran berusia lima tahun dari Jakarta," beber Achmad.


Kemudian, Bupati Rohul bersama Novi Aila di dampingi pejabat-pejabat Rohul melepaskan burung merpati di Plaza MAMIC Rohul.   "Insya Allah kita melepaskan seribuan  ekor burung merpati, jadi masyarakat atau umat Islam yang datang ke MAMIC Rohul bisa melihat burung merpati sambil memberi makanya, ini akan menambah daya tarik umat Islam untuk datang ke masjid ini," paparnya.


Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Harian MAMIC Rohul,  Mirzal Hamzah, rangkaian Muharram, kegiatannya diawali dengan pawai takrup hampir 20 ribu peserta, festival rebana, cerdas cermat, lomba shalat zenajah, lomba azan, pidato cilik dan lainnya. "Kegiatan pekan Muharram ini akan ditaja seoptimal mungkin sesuai dengan arahan dan bimbingan Bupati Rohul, kita harapkan nanti dengan semarak kegiatan syiar Islam itu makin menggema di Negeri Seribu Suluk," pungkasnya. (hum)