Pilihan Pengobatan untuk Kanker Payudara

Administrator - Sabtu,03 Oktober 2015 - 14:27:24 wib
Pilihan Pengobatan untuk Kanker Payudara
Bulan Oktober kesadaran akan kanker payudara. (Foto:telegraph.co.uk)

JAKARTA (RRN) - Pengobatan tentang kanker payudara terus berkembang sepanjang waktu dibanding sebelumnya. Ada banyak pilihan pengobatan yang dapat membantu Anda pulih dengan cepat.

Semua pengobatan yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis kanker payudara yang Anda derita. Menghancurkan sel-sel kanker di dalam payudara dan di dekat jaringannya

Pembedahan sering jadi pilihan untuk mengangkat seluruh payudara yang terkena kanker, atau biasa disebut dengan mastektomi. Sedangkan, bila hanya ingin menghilangkan tumor dan jaringan di sekitarnya, disebut lumpectomy atau operasi konservasi payudara.

Selain pembedahan, Anda juga dapat memilih terapi radiasi yang menggunakan gelombang berenergi tinggi untuk membunuh sel-sel kanker di area payudara.

Menghancurkan sel-sel kanker di seluruh tubuh

Namun, bila Anda terlalu khawatir sel-sel kanker kembali tumbuh, kemoterapi menggunakan obat-obatan adalah solusi yang paling tepat untuk membasmi sel-sel kanker di seluruh tubuh. Sayangnya, kemoterapi memiliki efek samping seperti mual, rambut rontok, menopause dini, dan kelelahan.

Ada lagi pengobatan dengan menggunakan terapi yang ditargetkan seperti lapatinib (Tykerb), pertuzumab (Perjeta), dan trastuzumab (Herceptin). Obat-obatan ini mendorong sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan kanker. Mereka menargetkan sel-sel kanker payudara yang memiliki tingkat protein yang disebut HER2. (mtvn)




Berita Terkait