Jauh dari Pemukiman, Kebakaran Hutan Desa Mengkikip Sempat Luput dari Perhatian

Administrator - Rabu,30 September 2015 - 10:30:40 wib
Jauh dari Pemukiman, Kebakaran Hutan Desa Mengkikip Sempat Luput dari Perhatian

SELATPANJANG (RRN) - Kebakaran hutan di Desa Mengkikip Kecamatan Tebingtinggi Barat Kepulauan Meranti, Riau, sempat luput dari pantauan masyarakat. Akibatnya, jika tidak diketahui api dikhawatirkan akan membahar lahan dan hutan yang ada di sana.
Kata Kepala Desa Mengkikip Tarmizi, ketika dikonfirmasi masyarakat baru menyadari adanya kebakaran. Luputnya dari perhatian masyarakat ini, karena lokasi kebakaran jauh dari pemukiman masyarakat. "Kita taunya saat lebaran Idul Adha. Sejak Kamis malam," ujar Tarmizi.


Disampaikan Tarmizi lagi, hingga saat ini api sudah bisa dikendalikan. Ditambahkan Tarmizi, meski lahan yang terbakar tidak begitu luas hanya sekitar 2 Hektar, namun pihak desa telah mensiagakan masyarakat sekitar 30 di lokasi kebakaran. Hal itu guna mengantisipasi terjadi kebakaran susulan yang bisa meluas hingga mengancam perkebunan masyarakat.

 

"Warga membuat sumur dan parit untuk membatasi api. Cuma kebakaran di bagian tengah tidak bisa diapa-apakan karena terbatasnya alat. Jadi kita biarkan saja terbakar berharap padam karena hujan," tutur Tarmizi. "Kalau pihak kepolisian dan Babinsa (TNI) sudah ada yang datang melihat," tambahnya. (teu/grc)