Bupati Rohil Lepas Pawai Takbir Idul Adha

Administrator - Senin,28 September 2015 - 10:33:06 wib
Bupati Rohil Lepas Pawai Takbir Idul Adha
Bupati Rohil Suyatno melepas pawai takbir Idul Adha 1436 H, yang diikuti 51 peserta dari kelompok partisipasi miniature, kelompok lomba miniature dan kelompok takbir non miniature. (foto : humas)

BAGANSIAPIAPI (RRN) - Bupati Rohil Suyatno melepas pawai takbir Idul Adha 1436 H. Pawai ini diikuti 51 peserta dari kelompok partisipasi miniature, kelompok lomba miniature dan kelompok takbir non miniature. Pelepasan  ditandai dengan pembacaan takbir oleh Bupati Suyatno diikuti Ketua DPRD Nasrudin Hasan dan Kepala Kantor Kemenag Rohil, Agustiar.


Disusul pemukulan beduq oleh Plt Sekda Surya Arfan, Kapolres diwakili Waka Polsek Bangko, AKP Dodi, Ketua MUI, Wan Ahmad Saiful, Asisten Bidang Pemerintahan, Muhammad Rusli Syarif, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Hasrial, Asisten Bidang Kesra, Ali Aspar serta Camat Bangko, Julianda, S.Sos.


Bupati Suyatno dalam sambutan singkatnya sebelum pelepasan mengatakan, pawai takbir ini merupakan kegiatan positif dan dianggap sukses, aman dan lancar, peserta pawai dimintanya untuk mematuhi semua aturan yang telah disepakati bersama.


Ketua Panitia Penyelenggara, Camat Bangko, Julianda, S.Sos melaporkan, tujuan pelaksanaan kegiatan mempererat silaturahim dan siarnya agama Islam. Peserta pawai takbir terdiri dari partisipasi dan peserta lomba takbir, terdiri dari kelompok partisipasi miniature, kelompok lomba miniature, kelompok takbir non miniature, jumlah keseluruhan 51 peserta.


Perinciannya, kelompok partisipasi miniature, yang diikuti oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Sekretariat DPRD Kabupaten Rokan HIlir, badan, dinas dan kantor dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dengan jumlah peserta, sebanyak 20 peserta, posisi Jalan Merdeka sampai Jalan Perniagaan.


Kelompok lomba miniature, yang diikuti oleh musholla, sekolah, lembaga swasta, organisasi masyarakat, dan organisasi sosial, jumlah peserta sebanyak 12 peserta, dengan posisi barisan Jalan Aman, pada posisi kiri dan kanan. Kelompok lomba miniature, yang diikuti oleh masjid, dengan jumlah peserta sebanyak 3 peserta, dengan posisi barisan, Jalan Perwira, tepatnya disamping kantor bupati Rokan Hilir.
Kelompok takbir non miniature, diikuti oleh masjid, mushollah, lembaga swasta, organisasi masyarakat, organisasi sosial, sekolah setingkat SMA, SMK, MA, SMP dan MTs sederajat, jumlah peserta sebanyak 15 peserta, posisi barisan, Jalan Perwira, tepatnya didepan Kantor Pos Bagansiapiapi.


Lebih lanjut dilaporkan Julianda, persyaratan peserta, partisipasi miniature, mempunyai kontruksi miniature, adanya jumlah pendamping sebanyak 20 orang atau lebih dari pegawai dinas yang bersangkutan, mengumandangkan takbir secara langsung, memakai pengeras suara. Persyaratan miniature, jumlah jemaah minimal, sebanyak 20 orang atau lebih, mengumandangkan takbir secara langsung, memakai pengeras suara, menggunakan colok, obor, atau sejenisnya. Rute barisan, dimulai tepatnya di Jalan Merdeka, didepan kantor bupati Rokan HIlir, kemudian masuk ke Jalan Pahlawan, masuk ke Jalan Bangko, ke Jalan Perwira, dan berakhir, finis didepan kantor bupati Rokan Hilir. (hum)