Diskes Pekanbaru Terima Penghargaan Penanggulangan AIDS

Administrator - Jumat,18 November 2022 - 10:46:12 wib
Diskes Pekanbaru Terima Penghargaan Penanggulangan AIDS
Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution selaku Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau. Foto: CPL

RADARRIAUNET.COM: Atas keberhasilan dalam membangun kemitraan dengan layanan swasta dalam penanggulangan AIDS, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menerima penghargaan dari Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution selaku Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau dan diterima Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih.

Kepala Dinas Kesehatan Zaini Rizaldy Saragih mengatakan pihaknya merasa sangat bangga, senang dan berterima kasih dengan penghargaan ini. Karena kerja keras jajaran Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru selama ini dinilai baik oleh pihak provinsi.

"Selama ini kita memang mendorong peran serta pengelola layanan kesehatan swasta khususnya rumah sakit agar membuka layanan HIV dan AIDS baik dalam hal pemeriksaan maupun pengobatan," ucapnya.

Layanan kesehatan milik Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini puskesmas dan RSUD Madani sudah terlebih dahulu melayani pemeriksaan atau tes HIV.

"Harapannya adalah masyarakat yang bermaksud memeriksakan diri status HIV-nya tidak perlu jauh-jauh tetapi bisa di puskesmas terdekat. Bahkan beberapa puskesmas sudah bisa memberikan layanan pengobatan. Harapannya adalah agar masyarakat lebih mudah dan dekat menjangkau layanan kesehatan baik pemeriksaaan maupun pengobatan AIDS," Cakap Zaini menyitat cakaplah.

Ia mengatakan upaya ini perlu terus didorong karena temuan kasus HIV dan AIDS di Kota Pekanbaru masih terjadi, termasuk pada ibu rumah tangga.

Secara kasus berdasarkan data Dinkes Kota Pekanbaru sejak Januari hingga Agustus 2022, temuan kasus HIV di Kota Pekanbaru mencapai 150 kasus. Sementara kasus AIDS mencapai 78 kasus. "Untuk itu perlu dilakukan upaya penanggulangannya," pungkasnya.

 

RR/Cakaplah