Tim Dosen PBSI UIR Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley di Dumai Timur

Administrator - Jumat,30 September 2022 - 19:59:33 wib
 Tim Dosen PBSI UIR Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley di Dumai Timur
Foto bersama usai kegiatan pelatihan. Foto: Ist

RADARRIAUNET.COM: Tim dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Dumai Timur. 

Ketua tim kegiatan Noni Andriyani, S.S., M.Pd bersama Laila Fitriah, S.Sn., M.A., Dr. Erni, M.Pd., Kiki Widyawati, dan Sindi Dwi Amara memberikan pelatihan penggunaan aplikasi mendeley untuk penulisan karya ilmiah bagi guru-Guru SDN Binaan Khusus Dumai Timur
 
"Ini merupakan pelatihan yang diberikan untuk guru-guru SDN Binaan Khusus Dumai Timur sebagai implementasi pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)," papar Noni. 
 
Menurut Noni, kegiatan ini merupakan satu dari tiga kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. 
 
"Ini yang wajib dilakukan oleh dosen tiap semester," tuturnya. 
 
Kegiatan ini kata Noni, dilakukan di SDN Binaan Khusus Dumai Timur pada 9 September 2022. 
 
"Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dianggap penting untuk diberikan kepada guru-guru SDN Binaan Khusus Dumai Timur terkait kewajiban guru dalam menulis karya ilmiah dan melakukan publikasi ilmiah untuk naik pangkat ke golongan-golongan tertentu," papar Noni kepada radarriaunet.com melalui keterangan tertulisnya. 
 
Penulisan sitasi dan daftar pustaka otomatis dengan aplikasi Mendeley 
sambung Noni, belakangan ini, kerap menjadi bagian syarat wajib dalam penulisan karya ilmiah dan publikasi ilmiah. 
 
"Oleh karena itu, pelatihan ini dirasakan sangat bermanfaat dan diperlukan pelatihan-pelatihan lanjutan sebagai bentuk upaya optimalisasi kemampuan guru-guru dalam menulis karya ilmiah dan publikasi ilmiah sesuai dengan konsep kekinian," tutur Noni. 
 
Kegiatan ini diketuai Noni Andriyani, S.S., M.Pd. dengan anggota tim Laila Fitriah, S.Sn., M.A., Dr. Erni, M.Pd., Kiki Widyawati, dan Sindi Dwi Amara. 
 
"Kegiatan pelatihan diikuti oleh 21 guru-guru SDN Binaan Khusus Dumai Timur. Pelatihan berlangsung selama satu hari, dimulai dari pembukaan, pemberian kuisioner pra-pelatihan, pemberian materi, sesi tanya jawab, sampai dengan penutup," pungkasnya. RR