PJS Kampar Gelar Pelatihan Jurnalistik

Administrator - Kamis,30 Juni 2022 - 06:49:48 wib
PJS Kampar Gelar Pelatihan Jurnalistik
Foto bersama usai pelatihan jurnalistik. Foto: Risky

RADARRIAUNET.COM: Setelah acara pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC PJS) Kabupaten Kampar periode 2022 – 2027 oleh Ketua DPD PJS Provinsi Riau Drs. Wahyudi El Panggabean MH yang disaksikan langsung Plt. Ketua Umum DPP PJS Mahmud Marhaba dilaksanakan di Aula Stanum Park Bangkinang Kampar.

DPC PJS Kabupaten Kampar langsung mengadakan agenda pelatihan jurnalistik se-Provinsi Riau.

Kegiatan pelatihan dasar jurnalistik yang ditaja oleh DPC PJS Kampar ini bekerjasama DPD PJS Riau dengan Pekanbaru Jurnalis Center (PJC) dan diikuti oleh puluhan jurnalis se-Provinsi Riau yang terdiri dari wartawan Kabupaten Kampar, Pekanbaru dan Pelalawan.

Hal ini disampaikan Ketua DPC PJS Kabupaten Kampar Nefrizal Pili kepada awak media usai pelaksanaan pelatihan yang dilakukan sehari penuh di Stanum Park Bangkinang, Senin 27 Juni 2022.

Nefrizal mengatakan, dalam pelatihan ini kita menampilkan pemateri yang berpengalaman dibidang jurnalistik dan merupakan tokoh pers Riau.

Seperti Ir. Yanto Budiman Situmeang, Direktur Utama PJC Drs. Wahyudi El Panggabean MH, Asmanidar SH ahli hukum pers, Abdul Kadir, S.Pd, M.Pd, M.I.Kom merupakan Dosen di berbagai Universitas di Riau Bidang Ilmu Komunikasi dan Plt. Ketum DPP PJS Mahmud Marhaba yang merupakan ahli pers di Dewan Pers sekaligus tenaga penguji UKW.

“Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman dari seluruh nara sumber yang berpengalaman dibidangnya, peserta pelatihan juga mendapatkan 1 buah buku jurnalistik karya Drs. Wahyudi El Panggabean MH berjudul Wartawan Berani Beretika, sertifikat dan uang saku, semua itu diberikan secara gratis kepada peserta pelatihan,” jelas Pemred Redaksi86.com.

Nefrizal berharap, dengan dilaksanakan pelatihan jurnalistik ini, wartawan yang ada di Kampar khususnya dan Riau pada umumnya dapat berintegritas, profesional dan berkompeten dalam melaksanakan profesi wartawan.

Sehingga benar-benar dapat menjadi pilar ke 4 demokrasi dan ikut serta membangun kabupaten/kota dimanapun jurnalis itu bekerja.

Sementara itu salah seorang peserta pelatihan yang bekerja sebagai kabiro Kampar di media Kejarfakta.co mengucapkan terima kasih kepada DPC PJS Kampar yang telah mengadakan pelatihan jurnalistik.

"Banyak ilmu yang kami dapatkan dari nara sumber yang ada, walaupun singkat tapi sangat bermanfaat sebagai modal kami menjalankan profesi wartawan yang lebih profesional lagi kedepannya,” ujar Taripar Siagian.

Hal senada juga disampaikan Catur jurnalis media radarriaunet.com dari Pekanbaru, bahkan ia berharap pelatihan ini dapat terus diagendakan lagi.

"Serta adanya program yang lebih tinggi lagi seperti Uji Kompetensi Wartawan, ” tutupnya. RR