Dispar Siak Gandeng Bank Riau Kepri dan Tiket.com

Administrator - Jumat,17 Juni 2022 - 06:13:44 wib
Dispar Siak Gandeng Bank Riau Kepri dan Tiket.com
Suasana sosialisasi di Siak. Foto: Ist

RADARRIAUNET.COM: Bertempat di Gedung Tengku Mahratu Siak Selasa 14 Maret 2022 Dinas Pariwisata kabuptaen Siak melaksnakan kegitan Sosialisasi tentang Digitalisai Usaha Kepariwisataan Dalam upaya meningkatkan layanan dan Akses pariwisata di kabupaten Siak.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku Usaha Pariwisata untuk memanfaatkan teknologi informasi terkait digitalisasi.

Dalam Laporannya Kabid Destinasi Dan Industri Pariwisata kab Siak Paula Chandra menyampaikan bahwa di era industri 4.0 saat ini Digitalisasi Usaha sangat diperlukan.

Berbagai Informasi tentang Produk dan jasa harus bisa diakses oleh Pengguna dengan menggunakan platform digital.

Seperti misalkan utk memesan Hotel atau membeli tiket tempat wisata orang tidak harus datang dlu ke Hotel tujuan atau lokasi wisata. Semua sudah bisa di lakukan secara online.

Demikian juga dengan cara pembayaran dimana wisatawan yg ingin berbelanja atau membayar makanan dan minuman di Restoran cafe atau pun rumah makan tidak perlu lagi membawa uang tunai cukup melakukan transaksi secara digital.

Maka sangat lah penting bagi Pemilik Usaha dan pengelola untuk memahami perubahan prilaku konsumen saat ini yg sdh beralih dari Sistim konvensional ke sistim Digital

Sementara Itu Kepala Cabang Bank Riau Kepri dan sambutan nya menyampaikan bahwa Bank Riau Kepri akan memberikan dukungan penuh kepada Para pelaku usaha khusus nya pariwisata di kabupaten siak utk bisa mendigitalisasi cara pembayaran dibtempat usaha mereka. Lewat QRIS bank Riau Kepri bisa menjadi layanan nontunai yg sdh bisa d terapkan oleh pelaku usaha di Kota Siak

Bupati Siak yg dalam hal ini diwakili Plt Kepala Dinas Pariwisata Djumanotiyas S.sos Msi menyampaikan bahwa Pemerintah kabuptaen Siak saat ini terus berupaya utk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Siak dengan berbagai cara.

Diantara nya dengan Membangun Spot2 Wista baru yang nanti bisa menjadi Daya tarik wisata baru yg ada di kota Istana.

Tahun ini akan dimulai pembangunan Skywalk di sisi Utara Kota siak sepanjang 1.2 km yang diharapkan mampu menjadi magnet baru bagi wisatawan. Selain itu bangunan sejarah seperti Landrap di benteng hulu juga telah selesai di Renovasi yang nanti juga akan di jadikan objek wisata selain tangsi Belanda.

Tentu hal ini perlu disinergikan dgn Pelaku Usaha dan pemangku kepentingan sektor pariwisata seperti Hotel restoran rumah makan cafe dan lainnya.

Kolaborasi dengan banyak pihak tentu akan membuat daya dongkrak utk kemajuan pariwisata ke depan bisa semakin kuat.

Dalam Acara SosialisibDigitaliasi ini pihak Dinas pariwisata menghadirkan Narasumber antara Lain dari Explore Siak yang memberikan Materi tentang Strategi Marketing Digital kemudian Dinas Penanaman ModalTerpadu Satu Pintu terkait Perizinan Berusaha, Bank Riau Kepri mengenai Pembayaran Digital QRIS dan Marketing dari Tiket.com Jakarta terkait Pemasaran Hotel homestay serta Wahana Atraksi di platform tiket.com. RR