Muflihun Resmi Pimpin Kota Pekanbaru

Administrator - Selasa,24 Mei 2022 - 10:40:38 wib
Muflihun Resmi Pimpin Kota Pekanbaru
Muflihun, S.STP, M.AP. Foto: REC

RADARRIAUNET.COM: Muflihun resmi memimpin Kota Pekanbaru usai dilantik Gubernur Riau sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru.

Pelantikan kedua Pj kepala daerah di Provinsi Riau ini berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 131.14-122 tahun 2022 menetapkan Kamsol sebagai Pj Bupati Kampar.

Selanjutnya berdasarkan SK Mendagri nomor 131.14-123 tahun 2022 yang menetapkan Muflihun sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru.

Usai pelantikan dilakukan Gubri, kedua Pj kepala daerah di Provinsi Riau juga dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas. Penyerahan memori jabatan oleh pejabat yang lama kepada Pj serta penyerahan SK TP PKK oleh Ketua TP PKK Riau, Misnarni Syamsuar.

Gubri mengucapkan selamat atas dilantiknya dua penjabat tersebut. Ia percaya penjabat baru dilantik ini dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan amanah yang telah diberikan.

Orang nomor satu di Riau ini menyampaikan, penunjukan pejabat kedua wilayah tersebut adalah upaya agar jangan terjadi kekosongan kepemimpinan dan stagnasi penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kota

Pekanbaru dan Kabupaten Kampar sampai dengan dilantiknya wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati hasil Pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

"Selamat atas dilantiknya dua penjabat baru, yaitu Kabupaten Kampar dan Wali Kota Pekanbaru. Saya percaya penjabat baru dilantik ini dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan amanah yang telah diberikan," tuturnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Gubernur (Wagubri), Edy Natar Nasution beserta istri, Forkopimda Riau, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Riau, Mantan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto,

Mantan Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, serta tamu undangan lainnya.

Gubri Tunjuk Pengganti Uun

Pasca dilantik jadi Plt. Wako Pekanbaru, Gubri Syamsuar langsung menunjuk Pelaksana Tugas di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau.

Usai melantik Penjabat (Pj) Bupati Kampar Kamsol dan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar langsung menetapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Sekretris DPRD Riau.

Sekretaris DPRD Riau sebelumnya dijabat Muflihun, yang kini mendapatkan amanah baru sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru.

"Sudah kita tunjuk Plt. Terhitung hari ini," kata Gubri.

Gubernur Riau menjelaskan, penunjukan Plt untuk jabatan Sekwan dan Kepala Dinas Pendidikan Riau dilakukan agar Kamsol dan Muflihun bisa fokus sebagai Pj kepala daerah.

Dengan begitu, tugas dan tanggung jawab di Disdik Riau dan Sekwan sepenuhnya dilaksanakan Plt.

Selain itu, pengamanan turut serta dalam menjaga pelantikan agar tetap kondusif.

Sebanyak 457 personel gabungan melakukan pengamanan pelantikan Pejabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru yang di gelar di Gedung Pauh Janggi, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, dihubungi melalui Kabag Ops Kompol Novaldi mengatakan, saat ini situasi dan kondisi disekitar lokasi pelantikan aman.

"Untuk jumlah personel pengamanan ada 457 gabungan," kata Kabag Ops.

Seluruh personel itu jelas Novaldi, terdiri dari personel Brimob, Sabara Polda, Intel Polda Intel Polda.

Kemudian, Intel Polres, Reskrim, Sabara Polres, Polsek-polsek dan personel Satlantas serta Satpol-PP.

Untuk pelaksanaan pengamanan dilokasi jelas Novaldi, pihaknya memberlakukan sistem empat ring, mulai dari depan hingga ke dalam ruangan pelantikan.

"Ring pengamanan pelantikan dibagi empat ring," ujar Novaldi.

Sementara, Kepala Satpol PP provinsi Riau, Hadi Penandio melalui Kasi Trantibum dan Tranmas Pol PP Provinsi Riau, Ekadinata mengatakan, pihaknya bersama personel gabungan lainnya siap melaksanakan pengamanan pelantikan.

Ia menjelaskan, sebanyak 150 personel Satpol PP dikerahkan untuk membantu melakukan pengamanan.

"Personel Satpol PP dari Pemprov Riau jumlahnya 100 orang dan dari Satpol PP Pekanbaru sebanyak 50 orang," kata Nata.

Dijelaskan Nata, untuk para undangan, sesuai dengan keterangan tertulis dalam undangan, diminta hadir sebelum 15 menit acara dimulai. Selain itu, undangan yang telah disebar tersebut wajib dibawa.

Kemudian, setiap undangan yang hadir diminta tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, dengan tetap memakai masker.

Gubernur Riau Syamsuar melantik Pj Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar dilakukan setelah keluarnya surat keputusan Kementerian Dalam Negeri, yang menunjuk Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru, yang merupakan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Riau.

Sedangkan, untuk Pj Bupati Kampar nama yang ditunjuk sesuai SK Kemendagri tersebut adalah Kamsol merupakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol.

Muflihun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensuport dirinya. Atas hal itu, ia akan semaksimal mungkin membawa Pekanbaru lebih baik.

"Terima kasih kepada gubernur, bahwa kita dipercaya sebagai Pj, akan membantu dan loyal kepada gubernur, serta akan bekerja semaksimal mungkin," kata Muflihun.

Pria yang akrab disapa Uun itu mengatakan, dirinya selaku orang yang lahir di Pekanbaru, sekolah serta besar di Pekanbaru, tentu menginginkan yang terbaik untuk Kota Pekanbaru.

"Saya selaku orang yang besar di Pekanbaru, akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengemban amanah ini. Insya Allah," tukasnya.

RR/CPL