Dosen PBA FAI UIR Sukses Laksanakan PKM Kefasihan Menuturkan Bahasa Arab

Administrator - Senin,17 Januari 2022 - 19:43:26 wib
Dosen PBA FAI UIR Sukses Laksanakan PKM Kefasihan Menuturkan Bahasa Arab
Suasana pelaksanaan Pengabdian Masyarakat (PKM) bertempat di kantor DMI Kota Bangkinang. Foto: Ist

RADARRIAUNET.COM: Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau (FAI UIR) bersama para dai yang tergabung dalam Korps Muballigh Dewan Dakwah Mesjid Indonesia (DMI) sukses melaksanakan Pengabdian Masyarakat (PKM) bertempat di kantor DMI Kota Bangkinang.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kefasihan dalam menuturkan bahasa Arab.

Ketua Tim Pengabdian Dosen Alfitri, Lc., M.Pd mengatakan, seorang dai diharuskan punya kemampuan dalam melafalkan teks berbahasa Arab dengan fasih.

"Untuk memperoleh itu, seorang dai harus punya strategi tertentu," katanya menjawab www.radarriaunet.com Senin 17 Januari 2022.

Karena menurut Alfitri, kegiatan semacam ini nantinya diharapkan bisa memberikan gambaran seperti apa strategi yang bisa disiapkan dan diterapkan oleh seorang dai.

"Dengan menguasainya tentu akan mempermudah dalam menyampaikan maksud kepada masyarakat," tuturnya.

Kegiatan ini tambahnya, berangkat dari fenomena di lapangan yang cukup memprihatinkan.

"Ditemukan oknum di kalangan dai atau mubalig, baik itu penceramah ataupun khatib, yang terdengar belum maksimal pengucapan teks berbahasa Arab yang dibacakannya, baik itu teks Al Quran maupun Hadis Nabi," terangnya.

Kesalahan yang terjadi, bisa dari segi bunyi, panjang-pendek, pengucapan huruf yang tidak sesuai dengan sifat dan makhrajnya.

"Serta penyusunan kosa kata yang tidak sesuai aturan kaidah gramatikal Arab, dan lainnya," jelasnya.

Adapun bentuk strategi yang dipaparkan Alfitri, diantaranya dengan mengikuti program Tahsin Al Quran yang saat ini sudah marak diselenggarakan.

"Begitu juga, seorang dai tidak boleh lebih mendahulukan irama bacaan ketimbang ketepatan pengucapan," paparnya.

Menurut Alfitri, kalau pun ingin meniru irama orang lain, maka harus diperhatikan dan dicermati ketepatannya dalam mengucapkan.

"Termasuk dengan membiasakan membaca teks berbahasa Arab secara kontinue dan bertahap, " pungkasnya.

Kegiatan dihadiri peserta dari kalangan dai yang sengaja diundang untuk hadir.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu 27 November 202 pukul 09.00 WIB diawali kata sambutan dari Ketua Dewan Mesjid Indonesia Wilayah Kampar, dan ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Picture2

Ketua Korps Muballigh Dewan Mesjid Indonesia, sekaligus Pimpinan Pesantren Durratul Ilmu Ustadz Hafizh Amrillah, Lc, menyatakan rasa senang dan ucapan terima kasihnya kepada Tim PKM atas kegiatan yang telah dilakukan.

"Semoga kegiatan semacam ini ke depannya bisa dikembangkan dan dimaksimalkan lagi, agar para dai bisa mengemban tugasnya di tengah masyarakat dengan maksimal, " pungkasnya.