Pembangunan Menara Masjid Raya Riau Dihentikan

Administrator - Rabu,29 Desember 2021 - 05:58:45 wib
Pembangunan Menara Masjid Raya Riau Dihentikan
Pembangunan menara Masjid Raya Provinsi Riau. Foto: CPL

RADARRIAUNET.COM: Pembangunan menara Masjid Raya Provinsi Riau di jalan Siak II, Palas, Kota Pekanbaru, dihentikan sementara. Beredar kabar kalau menara setinggi 99 meter itu mengalami kemiringan.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, Syafri Afis membenarkan kalau pembangunan menara dihentikan sementara waktu. Akan tetapi ia membantah kalau menara dalam kondisi miring.

"Bukan miring, tapi terjadi penurunan lebih kurang sekitar 3 milimeter pada kontribusi ketinggian 36 meter," kata Syafri Afis, menyitat CAKAPLAH.COM, Selasa 28 Desember 2021. 

Atas kondisi itu, lanjut Syafri Afis, maka secara teknis bangunan menara itu perlu dicermati dan diteliti. Karena itu perlu turunkan tim independen untuk investigasi kontruksi bangunan. 

"Pak Plt Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau (SF Hariyanto) meminta ada tim independen yang melakukan penelitian itu, rekomendasi tim apakah bangunan menera bisa diteruskan, atau ada opsi lain," ujarnya. 

Sebab menurutnya, menara itu dibangun pakai lift, karena tinggi menara mencapai 99 meter. Sehingga faktor keselamatan harus diutamakan. 

"Jadi kita sudah koordinasi dengan tim bangunan gedung Universitas Riau, tentu mereka perlu waktu untuk mengecek penyebab penurunan itu. Makanya kita tunggu dulu hasil penelitian dari tim independen," cakapnya. RR/CPL