Tingkatkan Penguasaan Bahas Arab

Dosen PBA UIR Gelar Pengabdian Masyarakat di Dumai

Administrator - Senin,15 November 2021 - 19:57:29 wib
Dosen PBA UIR Gelar Pengabdian Masyarakat di Dumai
Ka. Prodi PBA UIR Dr. H. Rojja Pebrian, Lc., MA bersama Tim Dosen PBA UIR di Dumai. Foto: RR

RADARRIAUNET.COM: Tim Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau (FAI UIR) menggelar pengabdian masyarakat ke Kota Dumai Provinsi Riau.

Pengabdian tersebut dipimpin langsung Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab FAI UIR Dr. H. Rojja Pebrian, Lc., MA.

Kegiatan pengabdian yang difokuskan di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai itu, bertujuan meningkatkan penguasaan Bahasa Arab dan Pengajaran Al Quran di Dumai.

Menurut Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab FAI UIR Dr. H. Rojja Pebrian, Lc., MA pengabdian masyarakat ke Kota Dumai merupakan wujud kepedulian terhadap pendidikan di masyarakat.

Picture10

"Tujuannya untuk memberikan pendidikan pada masyarakat khususnya dalam bidang bahasa Arab," sebut dosen Bahasa Arab lulusan S3 Brunei Darussalam itu. 

Dalam pemaparannya, Rojja menyatakan fashahah pelafalan bahasa arab sangat penting bagi seorang muballigh dakwah.

"Jamaah akan menilai kualitas muballigh dakwah salah satunya dari fasih tidaknya muballigh tersebut dalam melafalkan ayat-ayat al Quran dan bahasa arab," katanya menjawab www.radarriaunet.com Ahad 14 November 2021.

Rojja berharap, pelaksanaan pengabdian harus memberikan efek langsung pada masyarakat.

Wakil Dekan III FAI UIR Dr. Saproni, M.Ed mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Dumai itu.

Picture9

"Ini adalah pengabdian langsung kepada masyarakat, kami sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebagai Dosen, diwajibkan untuk melakukan Tridarma Universitas, salah satunya pengabdian kepada masyarakat,' paparnya.

Saproni memaparkan 8 langkah praktis dalam pengajaran Al Quran untuk kalangan orang dewasa.

"Dengan mengikuti dan menguasai 8 langkah ini, insyaa Allah seseorang akan mudah membaca Al quran dan mempelajari bahasa arab," pungkasnya.

Ketua Korps Muballigh/muballigah Dumai Ust Samsul Hilal mengungkapkan terima kasih kepada tim pengabdian PBA UIR yang telah bekerjasama untuk melakukan kegiatan tersebut.

Picture8

"Kami berharap ke depan tim pengabdian dari PBA UIR dapat kembali berkontribusi terjun ke masyarakat khususnya untuk memberikan bimbingan dan transfer ilmu kepada muballigh/ muballighah kota Dumai, " ujarnya.

Kegiatan pengabdian tersebut diikuti Muballigh/muballighah Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Dumai.

Kegiatan pengabdian ini mengemban misi mulia memberikan edukasi pada muballigh dakwah tentang Penguasaan bahasa Arab dan pengajaran Al Quran.

RR