Zukri Sang Bupati Cepat Respon

Administrator - Kamis,14 Oktober 2021 - 18:12:07 wib
Zukri Sang Bupati Cepat Respon
Bupati Kabupaten Pelalawan H Zukri Misran. IST

RADARRIAUNET.COM: Bupati Kabupaten Pelalawan H Zukri Misran mendapatkan gelar khusus dari masyarakat. Zukri ditabal dengan gelar Bupati Cepat Respon.

Baru mempimpin Kabupaten Pelalawan sejak 26 April 2021 atau lebih kurang 1 bulan lewat sepekan. Kepala Daerah yang berpasangan dengan Wabup H Nasaruddin, SH, MH ini sudah mendapatkan gelar khusus dari masyarakatnya.

Bukan gelaran yang buruk, tapi justru label yang memberikan sanjungan buat sang Bupati sendiri.

"Bupati baru kita ini sangat cepat respon terhadap berbagai masalah yang terjadi saat ini. Meski dilaporkan warga lewat medsos, tapi Bupati langsung meresponnya," kata M Adi Pranata, warga Jalan Pemuda Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Kecamatam Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan..
"Makanya tepatlah kalau kita sebut Pak Zukri itu, Bupati Respon Cepat," sebut Adi.

Label Bupati Respon Cepat lanjut Adi bukannya tidak beralasan. Pria yang aktif mengikuti perkembangan daerah ini mencontohkan pada beberapa kejadian.

"Misalnya warganet mengeluhkan sampah menumpuk di beberapa titik di ibu kota kabupaten, lalu ada lagi kerusakan jalan. Bupati saya yakin tidak menerima laporan resmi, tapi hanya lewat media. Tanpa tedeng aling-aling langsung cek lokasi. Eh, hari berikutnya sampah menumpuk sudah ludes. Jalan yang rusak sudah diperbaiki," ungkapnya menyebutkan beberapa alasan hingga ia memberikan gelaran khusus untuk Bupati Pelalawan.

"Tidak saya saja loh, tapi ini dirasakan semua masyarakat. Kalau ada keluhan langsung direspon. Termasuk ruas jalan yang terendam banjir, desa yang kebanjiran pokoknya tancap gas lah," beber Adi
Owner Gudang Madu Riau (GMR) ini menambahkan, bahkan saat Kabupaten Pelalawan mendapatkan cap merah penyebaran virus COVID-19, Bupati Zukri dan jajarannya langsung turun tangan.

"Bupati turun tangan razia masyarakatnya yang tidak pakai masker. Mudah-mudahan kepedulian pak Bupati dan pemerintahan nya terus berlanjut untuk Kabupaten Pelalawan,"papar Adi yang juga Ketua Inisiator Lebah Murni Indonesia (ILMI) Kabupaten Pelalawan ini.

Tak hanya Bupati Zukri lanjut dia, Wabup Nasaruddin juga tak kalah gesitnya dalam menyikapi berbagai persoalan.

"Nampak kali kekompakan keduanya dalam memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Pelalawan ini. Mudah-mudahan yang baik kedua pemimpin Negeri Seiya Sekata ini berdampak baik pula untuk masyarakat dan pembangunan daerah. Pokoknya kita do'akan yang terbaik untuk pemimpin kita, "pungasnya.

Tak hanya M Adi Pranata,berbagai acungan jempol diberikan warga sebagai bentuk penghargaan atas kinerja Bupati Zukri dan pemerintahannya dalam menyikapi persoalan yang dikeluhkan. " Alhamdulillah sampah menumpuk di Jalan Engku Lela Putra, Pangkalan Kerinci Timur langsung bersih. Terimakasih pak Bupati. Semoga Bapak tetap dalam kebaikan dan kesehatan dalam mengabdi kepada masyarakat,"ungkap Rizka, warga setempat.

Selain itu banyak pula harapan warga agar pemerintahan Zukri-Nasaruddin terus melakukan perbaikan pelayanan terutama menyangkut fasiltas umum, selain jalan, air juga listrik.

Berjuang Membangun Pelalawan Maju

Zukri menyampaikan, tepat pada hari pelantikannya merupakan titik awal bekerja dan berjuang bersama-sama masyarakat membangun Kabupaten Pelalawan yang maju.

"Kebersaman harus dibangun menuju Pelalawan maju saling bersinergi satu sama lainnya tanpa ada lagi pengkotak-kotakan. Kita tak ingin lagi ada nomor 1,2,3 atau 4. Semuanya harus menjadi satu dan lepaskan ego diri dan sektoral. Tidak ada lagi kepentingan pribadi atau golongan, yang ada yakni kepentingan bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan," terang dia.

Dia mengatakan, meski jabatan tidak akan sampai hingga tahun 2026 dengan Pilkada serentak pada tahun 2024, dengan hanya menjabat 3,5 tahun saja, dirinya bersama wakil bupati akan berkomitmen merealisasikan janji politik pada saat kampanye.

"Ini bukan soal 1,2 atau 3 tahun menjabat atau beberapa tahun pun itu, kami ingin mengajak masyarakat bersatu membuat perubahan besar di Pelalawan. Melayani rakyat sepenuh hati dan jangan ada rakyat kesulitan tak dapat keadilan di negeri ini. Maka bantu kami membangun Pelalawan," ujar dia.
Dia menyatakan akan semampu dan semaksimal mungkin merealisasikan janji - janji politik saat kampanye. "Meski jabatan singkat kita akan komit memaksimalkan potensi yang ada," ungkap dia.

Tantangan semakin berat, sambung bupati, terutama terkait pandemi COVID-19 yang melanda. "Kita harus kerja ekstra guna memutus rantai penyebaran COVID-19 yang mengancam," kata dia menyitat infofublik, Rabu 13 Oktober 2021.

Terlebih saat ini lanjut dia, Ibu Kota Pangkalan Kerinci berada dalam zona merah sehingga kegiatan dibatasi. "Mari bersama kita bangun peradaban baru, yakinlah kita mampu dan bisa melewati badai ini," tegas dia.

Dia juga menyinggung arah kebijakan pembangunan melalui RPJMD yang saat ini masih dalam proses. "Kita berharap pembahasan RPJMD bisa sesegera mungkin selesai, sehingga arah kebijakan pembangunan melalui visi dan misi Pelalawan maju dapat dijalankan," ucap dia.

Bupati Zukri juga menyebutkan agar dapat memaksimalkan anggaran yang ada sebaik mungkin, sehingga pembangunan tepat sasaran dan terarah melalui program pro rakyat.

"Pemimpin bukan harus berpikir menghabiskan anggaran yang ada namun memaksimalkan yang ada. Kita akan berjuang mendapatkan anggaran dari APBD provinsi dan pusat," ungkap dia.

Bupati yang baru dilantik ini juga memberikan kabar gembira bagi masyarakat, dengan mengagendakan pada tahun pertama, 1 hari dalam sebulan untuk masyarakat bertatap muka dengan Bupati dan Wakil Bupati dan perangkat daerah untuk bersama-sama menyelesaikan masalah rakyat.

Selanjutnya, pada tahun ke - 2 dengan agenda sepekan 1 hari untuk masyarakat mengadu permasalahannya langsung pada pimpinan daerah.

"Allah SWT akan selalu bersama Kita dan menjaga negeri ini. Jika Allah menurunkan berkahnya maka negeri Pelalawan ini akan semakin maju. Ingatkan Kami untuk menjadi pemimpin yang selalu amanah dan disayangi rakyat," kata dia.

 

RRN/RPZ/ADV