Pemerintah Disarankan Tidak Lagi Berorientasi Pada Ekspor

Administrator - Sabtu,25 Juli 2020 - 18:55:15 wib
Pemerintah Disarankan Tidak Lagi Berorientasi Pada Ekspor
Ilustrasi ekspor sayuran. Foto: MI/Bagus Suryo

RADARRIAUNET.COM: Indonesia disarankan tidak lagi berorientasi pada ekspor. Sektor industri diminta fokus memenuhi pasar lokal.

"Saya pikir sekarang ini kalau pemerintah masih menumbuhkan pada orientasi ekspor yang besar, ini kita akan salah arah," kata anggota Koalisi Indonesia Bergerak Nur Hidayati dalam diskusi virtual Smart FM, Sabtu, 25 Juli 2020.

Direktur Eksekutif Walhi itu mengingatkan perekonomian Indonesia tidak didominasi kegiatan ekspor. Ekonomi Indonesia digerakkan oleh akar rumput yang berbasis konsumsi masyarakat.

Dia mengingatkan janji Presiden Joko Widodo yang ingin berpihak pada perekonomian rakyat. Janji tersebut harus diwujudkan dengan mengubah orientasi dari ekspor ke pemenuhan pasar lokal.

"Jadi bukan hanya sekadar lips service tapi benar-benar dibuktikan," ungkap dia.

Nur mengatakan pemerintah harus memiliki perspektif serupa melihat potensi pasar Indonesia. Pemerintah harus mampu memanfaatkan semaksimal mungkin potensi agar produk lokal terserap maksimal.

"Negara lain melihat kita sebagai pasar (potensial). Kok kita sendiri tidak melihat masyarakat kita ini sebagai pasar yang potensial untuk produk lokal sendiri. Ini yang saya pikir orientasinya harus benar-benar berubah," ujar dia.

 

 

AZF/RRN/Medcom