Pemko Pekanbaru Hibahkan Lahan untuk Pembangunan Mapolsek Marpoyan Damai

Administrator - Rabu,01 Juli 2020 - 16:07:05 wib
Pemko Pekanbaru Hibahkan Lahan untuk Pembangunan Mapolsek Marpoyan Damai
Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT.

RADARRIAUNET.COM: Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menghibahkan lahan kosong di Jalan Majalengka, Kecamatan Marpoyan Damai kepada Polresta Pekanbaru. Tahun depan, di tempat itu akan dibangun Mapolsek Marpoyan Damai.

Dilansir Cakaplah.com, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, Kecamatan Bukit Raya dan Marpoyan Damai merupakan Kecamatan yang besar dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Sementara Polsek hanya satu untuk dua Kecamatan itu.

"Kita minta sama Kapolda Riau melalui Kapolresta Pekanbaru kalau Kecamatan Marpoyan Damai itu punya Polsek sendiri, dan dilakukan uji kelayakan. Setelah disetujui, ada lahan milik Pemko di Jalan Arifin Ahmad dengan luas 2.300 meter persegi yang kita hibahkan," kata Walikota.

Usulan itu telah diajukan sejak beberapa tahun terakhir. Namun masih terkendala pada ketersediaan lahan. Walikota mengaku lahan dengan ukuran 2.300 meter persegi belum cukup ideal untuk ukuran Polsek.

"Kita tanya Kapolres, apa ini (lahan) cukup, Pak Kapolres bilang sudah layak, ya kita berikan di Jalan Majalengka akhirnya," jelasnya.

Tahun ini Pemko hanya menyerahkan lahan, sementara untuk pembangunan, akan dimasukkan ke Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

"Kita bantu sarana prasarana, (gedung). Saat ini juga sedang pembangunan Polsek Rumbai Pesisir, tinggal finishing. Dan insya Allah di tahun depan kita mulai untuk Polsek Marpoyan Damai," jelasnya.

Menurutnya, keberadaan polsek di Kecamatan Marpoyan Damai sudah sangat dibutuhkan mengingat jumlah penduduk yang cukup padat. "Kalau sarana prasarananya cukup, tentu kinerjanya lebih baik," jelasnya. RRN/CPL/SMR.