Pulau Malamber Dijual Rp2 Miliar, Oknum Terima DP Rp200 Juta

Administrator - Jumat,19 Juni 2020 - 17:20:14 wib
Pulau Malamber Dijual Rp2 Miliar, Oknum Terima DP Rp200 Juta
Ilustrasi. Pic: Int.

RADARRIAUNET.COM : Camat Kepulauan Balabalakang Januar menyebut oknum warga yang melakukan transaksi jual-beli Pulau Malamber di Mamuju, Sulawesi Barat, telah menerima uang muka sebesar Rp200 juta.

"Ada [pulau dijual] Malamber, tidak tahu ukuran luasnya, tapi itu harganya Rp2 miliar, DP-nya Rp200 juta sudah diambil, ada yang jual warga di Sumare (Mamuju)," kata Januar dikutip dari siaran CNNIndonesia TV, Jumat (19/6).

Menurutnya, praktik jual-beli pulau tanpa sepengetahuannya baru terjadi belakangan ini. Ia menduga ada dua pulau yang terjual karena temuan bukti dua sertifikat. Sebelumnya, Pulau Malamber ini akan dipersiapkan sebagai lokasi penangkaran penyu.

Atas temuan itu, Polres Mamuju kini tengah menyelidiki kasus dan mengumpulkan semua bukti serta meminta keterangan sejumlah saksi yang mengetahui masalah ini.

"Kepala desa, Camat Balabalakang dan Kepala dusun, kami juga sudah mengirim undangan klarifikasi kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju dan diutus Kabag hukumnya datang ke sini untuk memberikan keterangan," ujar Kasat Reskrim Polres Mamuju AKP Syamsuriansyah.

Saat ini pihaknya juga melakukan proses verifikasi bukti dan data dengan mempelajari tata hukum guna mengungkap ada tidaknya unsur tindak pidana dalam dugaan jual beli pulau ini.

"Dalam kesempatan ini pula ada beberapa literatur perundang-undangan yang kita baca ini. Hal ini bisa membuat terang apakah memang ada unsur tindak pidana atau tidak," sambungnya.

Atas dugaan transaksi terlarang itu, aparat penegak hukum dan pemerintah diminta tegas menindak oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan aktivitas jual beli tanpa sepengetahuan negara.

RRN/CNNI