Pemprov Riau akan Turunkan Tim Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Administrator - Jumat,19 Juni 2020 - 15:31:32 wib
Pemprov Riau akan Turunkan Tim Periksa Kesehatan Hewan Kurban
Ilustrasi.Pic: Int.

RADARRIAUNET.COM : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau akan membentuk tim pemeriksa kesehatan hewan kurban hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Di lansir dari Cakaplah.com, Kepala Dinas PKH Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan, mengatakan bahwa tim pemeriksa kesehatan hewan tersebut akan diturunkan ke kabupaten/kota se-Riau.

"Kami saat ini sedang membentuk tim untuk pemeriksaan kesehatan hewan.

Tim ini untuk memastikan hewan ternak yang masuk ke Riau bebas jembrana, sehingga hewan kurban aman dikonsumsi masyarakat," kata Rahmat, Jumat,18 Juni 2020.

"Tim ini juga akan mengedukasi para peternak bagaimana menjaga kesehatan hewan, termasuk pemberian vaksin kepada ternak," sambungnya.

Disinggung soal protokol kesehatan penyembelihan hewan kurban di masa pendemi Covid-19, Rahmat menyatakan untuk protokol penyembelihan hewan secara Islam tidak ada perbedaan. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti petugas harus memakai masker, jaga jarak, dan lainnya.

"Nanti saat tim turun kita sampaikan juga ke dinas peternakan kabupaten dan kota untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19, baik saat penyembelihan maupun pembagian daging. Karena secara umum tugas kita memastikan hewan kurban yang masuk Riau bebas penyakit," ucapnya.

RRN/CPL.