Wabup Rohil : Hadapi Virus Corona Tingkatkan Kewaspadaan

Administrator - Senin,09 Maret 2020 - 12:28:46 wib
Wabup Rohil : Hadapi Virus Corona Tingkatkan Kewaspadaan
Wabub Jamaluddin minta waspada terhadap corona.Foto.Int

RADARRIAUNET.COM: Mengantisipasi penularan Virus Corona saat ini, Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) Drs H Jamiludin menegaskan, pemerintah daerah memberi perhatian tinggi pada persoalan virus corona yang diduga (suspect) ada di Riau. Seperti diketahui sudah ada suspect kasus tersebut di Dumai dan Pekanbaru.

"Harapan kita semua agar jangan ada kejadian serupa di daerah ini. Namun yang tak kalah penting kewaspadaan tetap harus dipertahankan," kata Wabup, Rabu (4/3).

Menurutnya, Pemkab jauh hari sudah mempersiapkan apa yang diperlukan sesuai standar kesehatan. Di sisi lain agar masyarakat dapat waspada dengan adanya kejadian berupa gejala terinfeksi virus corona di lingkungan masing-masing.

Menyadari soal kenyataan Rohil berada di daerah perbatasan, maka sangat perlu pengawasan ekstra. Ini agar tidak ada orang yang datang dari luar yang tidak terdeteksi kesehatannya dengan baik.

"Pengawasan perlu ditingkatkan. Bukan hanya oleh pihak terkait tapi juga tentunya bersama masyarakat," katanya.

Pemkab Rohil telah mempersiapkan ruangan khusus sesuai dengan standar di tiga rumah sakit. Yakni RSUD dr RM Pratomo di Bagansiapiapi, RS Cahaya di Ujung Tanjung dan RS Indah di Bagan Batu.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohil Ners Dahniar SKep MKes, Rabu (4/3) di Bagansiapiapi.

"Masing-masing terdapat satu ruangan khusus, untuk pelayanan standar termasuk SOP-nya sesuai yang ditentukan," kata Dahniar.

Penanganan di RS yang telah disiagakan itu hanya bersifat sementara, sebagai karantina saja. Sementara penanganan lebih lanjut di tiga rumah sakit yang telah ditetapkan untuk Riau terdapat di Duri, Dumai, Tembilahan dan RSUD Arifin Ahmad di Pekanbaru. Selain itu juga dilibatkan pihak swasta seperti RS Awal Bros, Santa Maria dan lain-lain.

"Di tingkat kabupaten hanya disiapkan sebagai isolasi, sementara saja. Jika memang positif dirujuk ke rumah sakit yang telah ditentukan," kata Dahniar.

 

RR/RPG/FN