Bupati Berharap BLK Lahirkan SDM Berkualitas

Administrator - Jumat,21 Februari 2020 - 12:18:00 wib
Bupati Berharap BLK Lahirkan SDM Berkualitas
Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan Saat menghadiri peresmian Worskhop Teknologi Informasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Ponpes Al-huda Al-Ilahiyah Mugomulyo. Foto: Humas

RADARRIAUNET.COM: Bupati Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, mengharapkan seluruh balai latihan kerja (BLK) dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sesuai kejuruan.

Hal ini disampaikannya saat meresmikan Worskhop Teknologi Informasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Ponpes Al-huda Al-Ilahiyah Mugomulyo, Sungai Batang, Rabu (19/2/2020).

"Sehingga mereka mampu menjawab tantangan di lapangan,"kata Bupati Inhil HM Wardan.

Peresmian BLKK tersebut, lanjut Bupati sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

Pada tahun 2019 Kabupaten Inhil mendapatkan alokasi pembangunan BLK di 4 titik. Salah satunya di Desa Mugomulyo. Sedangkan untuk 2020 kembali mendapat 5 titik pembangunan BLKK.

"Setiap Ponpes mendapatkan anggaran pembangunan BLKK sebesar Rp. 1 M,"imbuh Bupati.

Selain itu,Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan mutu dan pendidikan berkarakter.

Bupati Inhil, Muhammad Wardan menyampaikan sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Inhil, pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas pembangunan, selain pembangunan fisik dan infrastruktur.

"Pembangunan sumber daya manusia melalui peningkatan mutu dan pendidikan berkarakter menjadi prioritas dalam RPJMD Kabupaten Inhil, " ujarnya saat menghadiri Halal bihalal Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Kateman, di Sungai Guntung.

Kegiatan halal bihalal yang mengusung tema 'Dengan silaturrahmi kita jalin kemitraan untuk mewujudkan pendidikan berkarakter dan bermutu' yang diadakan di aula salah satu hotel di Sungai Guntung ini dihadiri juga Kepala Dinas Pendidikan Inhil Rudiansyah, Kepala Kementerian Agama Inhil Harun, beberapa pejabat Pemkab Inhil, Ketua PGRI Inhil Yazwar Aprilian, Camat Kateman Kamren dan unsur Forkopimcam.

Bupati meminta Dinas Pendidikan Inhil untuk melakukan pemetaan di bidang pendidikan secara menyeluruh, sehingga diperoleh data yang valid mengenai jumlah pendidikan dan tenaga kependidikan serta infrastruktur pendidikan di Inhil.

Dalam upaya pembangunan SDM, beliau juga telah menggagas Satu Desa Satu Rumah Tahfiz, dalam upaya menumbuhkan kesadaran dan kecintaan kepada Al Qur'an dan membawa dampak positif dalam kehidupan di tengah masyarakat.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan mutu dan pendidikan berkarakter.

Pernyataan ini disampaikan Bupati saat menghadiri Halal bihalal Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Kateman.

Kegiatan halal bihalal dengan tema 'Dengan silaturrahmi kita jalin kemitraan untuk mewujudkan pendidikan berkarakter dan bermutu' yang diadakan di aula salah satu hotel di Sungai Guntung ini dihadiri juga Kepala Dinas Pendidikan Inhil, Rudiansyah, Kepala Kementerian Agama Inhil, Harun, beberapa pejabat Pemkab Inhil, Ketua PGRI Inhil Yazwar Aprilian, Camat Kateman Kamren dan unsur Forkopimcam.

Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya menyampaikan, momentum kegiatan halal bihalal ini menjadi ajang untuk saling maaf memaafkan sesama pendidik dan tenaga kependidikan

Ditambahkannya, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Inhil, pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas pembangunan, selain pembangunan fisik dan infrastruktur.Â

"Pembangunan sumber daya manusia melalui peningkatan mutu dan pendidikan berkarakter menjadi prioritas dalam RPJMD Kabupaten Inhil," ujarnya.Â

Untuk itu, beliau sudah meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil untuk melakukan pemetaan di bidang pendidikan secara menyeluruh, sehingga diperoleh data yang valid mengenai jumlah pendidikan dan tenaga kependidikan serta infrastruktur pendidikan di Inhil.Â

Dalam upaya pembangunan SDM, beliau juga telah menggagas Satu Desa Satu Rumah Tahfiz, dalam upaya menumbuhkan kesadaran dan kecintaan kepada Al Qur'an dan membawa dampak positif dalam kehidupan di tengah masyarakat.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas tenaga pendidik atau guru, dalam upaya membangun dan memajukan daerah terutama Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang pendidikan.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya saat meresmikan perubahan status dari swasta ke negeri, yang saat ini disandang oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Kecamatan Gaung.

Dikatakan Bupati Wardan, perkembangan sekolah yang sebelumnya bernama SMA Swasta Belantaraya ini sudah cukup baik dan pesat, dengan berbagai usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh pihak yayasan bersama-sama komponen lainya, seperti majelis guru, kepala sekolah dan pemerintah desa.

"Dengan perubahan status ini, kita harapkan kucuran anggaran atau dana dalam rangka pengembangan sekolah dari pihak Provinsi Riau bisa lebih meningkat lagi," tutur Bupati Wardan.

Apalagi, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil dan Provinsi Riau ini, mulai tahun 2017 mendatang pengelolaan sekolah menengah berada di tingkat provinsi.

"Segera buat laporannya, karena segala perencanaan ini akan kita koordinasikan ke Pemprov Riau dan kita usulkan untuk dilengkapi sarana prasarana yang diperlukan, seperti laboratorium, perpustakaan dan penunjang kelancaran proses belajar mengajar lainnya," tambah Bupati Wardan.

Selanjutnya, Bupati Wardan berharap kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Desa Belantaraya, untuk bersama-sama memberikan support dan dukungan bagi pengembangan lembaga pendidikan tersebut di masa mendatang.

"Artinya, dari sisi mutu dan kualitas, walaupun berada jauh di pedesaan, tetapi dengan ketersediaan sarana prasarana pendukung yang bagus, kita tidak kalah dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada diperkotaan dan sudah cukup maju," terangnya.

Pemkab Inhil melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, tegas Bupati Wardan, akan terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang ada di Negeri Seribu Parit hamparan kelapa dunia ini.

"Ketika kita berbicara masalah mutu dan kualitas pendidikan, maka gurunya yang paling utama haris berkualitas. Jadi, kita akan lengkapi guru-gurunya sesuai dengan kualifikasinya," imbuhnya.

 

RR/NP/ANT/GR/LO/ADV