Wardan Prioritaskan Kesehatan Masyarakat

Administrator - Selasa,11 Februari 2020 - 13:45:50 wib
Wardan Prioritaskan Kesehatan Masyarakat
Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Bersama Sejumlah Tokoh Masyarakat. Foto: Humas

RADARRIAUNET.COM: Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Wardan berkomitmen wujudkan masyarakat Kabupaten Inhil yang sehat. Hal itu disampaikan Wardan usai meresmikan gedung Puskesmas Desa Sungai Raya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil baru-baru ini.

Wardan, menyebut pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus diprioritaskan dengan bukti saat ini Pustu sudah 201 yang tersebat 236 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Inhil.

“Alhamdulillah hari ini saya meresmikan Puskesmas Desa Sungai Raya yang ke 29, dimana tujuannya untuk mendekatkan kesehatan kepada masyarakat,”kata HM Wardan saat diwawancarai sejumlah awak media.

Bupati juga berpikir dengan dilengkapinya sarana prasarana bangunan Puskesmas yang cukup repsentatif yang ada di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Inhil.

“Boleh kita mungkin studi beberpa Kabupaten lain dan bandingkan Puskesmas yang ada di Inhil. Baik dari sisi bangunan dan lain sebagainya, karena saya fokus tidak mau bangunan yang asal-asalan tapi harus standar,” jelas HM Wardan.

Bupati juga menghimbau dengan bangunan yang bagus, sarana prasarana yang sangat memadai untuk petugas, perawat, dokter lakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Ini merupakan Puskesmas ke 29 yang ada di Kabupaten Inhil,”kata Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, H Zainal Arifin.

Dia menceritakan terbentuknya Puskesmas Desa Sungai Raya suatu tugas yang cukup berat dimana pada awal menjabat ditugaskan Bupati yaitu Impatalisir Puskesmas, mana yang belum lakukan rehabilitasi jika perlu dihancurkan yang lama dan dibangun yang baru serta tugasnya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Begitu juga dengan Puskesmas Desa Sungai Raya yang baru diresmikan hari ini, melalui upaya konsultasi, komunikasi dan pendekatan Bupati dan Wakil Bupati kepusat sudah banyak mendapatkan bantuan dana melalui dana DAK, dana Pusat. Baik untuk bangunan fisik dan sarana prasarana.

“Alkes, hari ini juga sudah kita lihat itu suatu barang yang bukan murah. Itu mahal sekali mustahil untuk kita miliki, hari ini Puskesmas yang ada di Kabupaten Inhil sudah memiliki alat kesehatan yang bagus. Seperti oksigen Puskesmas di Inhil sudah memiliki oksigen elektronik dan lainnya juga sudah canggih, “ ungkapnya.

Bupati juga menghimbau dengan bangunan yang bagus, sarana prasarana yang sangat memadai untuk petugas, perawat, dokter lakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Mari kita lakukan pelayanan yang baik, santun, pelayanan yang menyentuh dan pelayanan menggunakan hati. Kalau hati yang berbicara, kalau hati yang melakukan pendekatan InsyaAllah akan selalu lancar dan masyarakat yang datang ke Puskesmas untuk berobat, mundah-mudahan belum diberi obat dan disuntuk mereka akan terasa terobati dengan keramahan kita,” kata dia.

Kemudian tentang akses jalan yang pas-pasan ditambah bergelombang untuk menuju Puskesmas. Bupati Inhil akan memprioritaskan pembangunan Jalan Desa Sungai Raya tersebut, karna pembangunan Infrastruktur tetap menjadi program prioritas Bupati Inhil dan Wakil Bupati Inhil dimanapun itu.

“Dengan keterbatasan anggaran tentu kita menyelesaikannya secara prioritas dan disesuaikan plapon anggaran yang ada, dan dia menghimbau kepada masyarakat Desa Sungai Raya dan sekitarnya agar tetap bersabar dengan keadaan jalan sekarang. Mungkin saja nanti dengan dana desa bisa dilebarkan jalan tersebut,” ujarnya.

Wardan menghimbau kepada masyarakat khususnya Desa Sungai Raya dan sekitarnya yang mana pada hari ini baru saja dilaksanakan pembukaan terhadap Pusksesmas tentu sudah bisa dipergunakan dan dipelihara bersama-sama. Baik tentang kebersihan, lingkungan dan lain sebagainya.

Wardan juga berpesan sipat saling menolong, gotong royong mari dibudayakan kembali agar kehidupan menjadi lebih berkah dan berguna bagi orang lain.

Hadir dalam peresmian tersebut Wakil Bupati Inhil, Camat Batang Tuaka, Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Kepala Dinas Disparporabud Inhil, Kepala Dinas Perkebunan Inhil, Kepala Bappeda Inhil, Kepala Baznas Inhil, Kepala BPJS Kabupaten Inhil, Kapolsek Batang Tuaka, Danramil Batang Tuaka, Kepala Desa dan dan masyarakat sekitar.

Dia menceritakan terbentuknya Puskesmas Desa Sungai Raya suatu tugas yang cukup berat dimana pada awal menjabat ditugaskan Bupati yaitu Impatalisir Puskesmas, mana yang belum lakukan rehabilitasi jika perlu dihancurkan yang lama dan dibangun yang baru serta tugasnya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Dengan adanya Puskesmas ini kita harus bersyukur, mari kita pelihara sama-sama dan ini merupakan perjuangan Bupati dan Wakil Bupati Inhil,” tuturnya.

Kenapa Puskesmas ada di perdesaan? Kadis menjelaskan bahwa terbentuknya Puskesmas Desa Sungai Raya atas pilihan Bupati Inhil yang dia laporkan terkait Puskesmas Sungai Piring yang sudah terlalu banyak membawahi 13 desa.

“Jika orang Desa Suhada rujukannya ke Puskesmas Sungai Piring pasti melewati Tembilahan karna akses jalan yang sangat jauh, maka itu kami usulkan kepada Bupati Inhil. Alasan kenapa Bupati Inhil memilih Desa Sungai Raya mungkin Bapak Bupatilah yang tau jawabannya,” kata dia lagi.

Kemudian akses perjalanan dari desa ini untuk menuju Puskesmas Ibu Kota dari Kecamatan Batang Tuaka sangat memakan waktu yang cukup lama dan harus melewati akses jalan kota Tembilahan.

Wardan klaim Puskesmas di Kabupaten Inhil lebih unggul dan representatif ketimbang Puskesmas lain yang ada di Provinsi Riau. Keunggulan tersebut, menurut Bupati, dapat dilihat dari sisi fisik bangunan serta sarana dan prasarana yang ada di dalamnya.

"Boleh kita studi ke Kabupaten lain, bandingkan dengan Puskesmas yang ada. Saya pikir lebih unggul," begitu ungkap Bupati usai meresmikan pemakaian gedung baru UPT Puskesmas Sungai Raya, Kecamatan Batang Tuaka.

Selain klaim unggul, Bupati juga menyebut, bahwa bangunan Puskesmas yang ada di Inhil, khususnya gedung baru UPT Puskesmas Sungai Raya merupakan bangunan yang cukup representatif.

"Karena memang kita fokus. Saya tidak mau bangunan yang asal-asalan. Harus standar," tukas Bupati penuh semangat.

Bupati mengungkapkan, keunggulan dari sisi bangunan Puskesmas yang sangat mencolok ini tidak didapat dengan mudah. Tapi mesti melalui koordinasi dengan pemerintah pusat.

"Melalui upaya koordinasi, konsultasi dan komunikasi dan pendekatan kita ke pusat. Alhamdulillah, kita banyak mendapatkan bantuan dana melalui DAK untuk bangunan fisik, termasuk sarana dan prasarana Alkes (Alat Kesehatan)," tukas Bupati yang didampingi Wakil Bupati Inhil, H Syamsuddin Uti dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin.

Ihwal kemegahan bangunan, Camat Batang Tuaka, Marpoyanto, SKom, MSi menilai, bangunan gedung Puskesmas Sungai Raya sebagai yang terbaik di Kabupaten Inhil. Selain itu, Dia juga memuji kelengkapan fasilitas dan peralatan kesehatan yang serba canggih di Puskesmas Sungai Raya.

"Kami dari Pemerintah Kecamatan mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati Indragiri Hilir, yang telah menempatkan Puskesmas di kecamatan kami, khususnya di Desa Sungai Raya," kata Marpoyanto.

Dengan keberadaan Puskesmas Sungai Raya ini, Marpoyanto mengungkapkan, masyarakat Desa Sungai Raya dan sekitarnya tidak perlu menempuh jarak yang terlalu jauh untuk berobat.

"Alhamdulillah, masyarakat Desa Sungai Raya, Junjangan dan Pasir Emas tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke Puskesmas Sungai Piring sekarang," pungkas Marpoyanto.

Kadis juga mengajak kepada masyarakat harus bersyukur karna Desa Sungai Raya mendapat tempat dari Bupati Inhil untuk dibangunkan pusat Puskesmas di Desa Sungai Raya yang saat ini sudah terpisah dari Puskesmas Sungai Piring.

“Saat itu saya berdiskusi dengan Bapak Bupati tentang anggaran yang dibangun untuk Puskesmas Desa Sungai Raya. Saya bertanya apakah kita bangun dengan anggaran 1 Miliar, tidak kata Bapak Bupati. Kala perlu 4 sampai 5 Miliar. Jadi Pembangunan Puskesmas Desa Sungai Raya ini mendapat anggaran 4,2 Miliar saat ini mengalahkan Puskesmas Sungai Piring,”terang dia.

Dibangunnya Puskesmas Desa Sungai Raya akses seperti Desa PasirMas, Desa Kuala Sebatu, Desa Junjangan, Desa Tanjung Siantar dan Desa Sungai Raya sendiri memiliki induk Puskesmas tersendiri.

Dengan lima Desa itu berinduk di Puskesmas ini jadi lebih sempit wilayahnya dan masyarakat lebih terlayani akan hal kesehatan, dia juga berharap setiap bulan nanti kepala Puskesmas yang ditunjuk harus berkunjung kelima desa yang dimaksud untuk mendengan keluhan masyarakat.

“Jadi nanti jika kepala Puskesmasnya tidak datang kelima desa tolong laporkan kesaya,” cetusnya.

Dilihat juga pada Puskesmas Desa Sungai Raya tersebut sudah ada ambulan dabel kabin, yang mana untuk akses kepentingan masyarakat dan tidak dibenarkan untuk dipergunakan selain tugasnya tentang kesehatan seperti mengantarkan pasien ke RSUD Tembilahan dan Tembilahan ke 5 desa yang dimaksud.

“Alhamdulillah Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Inhil selalu bernergi membangun fasilitas kesehatan yang menjadi prioritas mereka,” terangnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa minggu depan akan ada peresmian sama seperti Puskesmas Desa Sungai Raya yaitu Puskesmas ke 30 Tembilahan Hulu.

“Yang jelas Bupati menekankan kepada kami, jika ada desa yang belum terbangun Pustu segera bangun Pustu. Yang tidak lain untuk mendekatkan pelayanan masyarakat,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya dia memberikan sebuah pantuan yang membuat warga sekitar serontak bertepuk tangan.“Bukan Rotan Sembarang Rotan, Rotan Pengikat Tali Betaki, Mendekatkan Sarana Kesehatan Adalah Komitmen Bapak Bupati”itulah cuitan pantun yang dilontarkannya.

 

RR/CPL/SAC/RKC/ADV