Harapan Kemajuan Besar di Kepengurusan Kadin Inhil yang Baru

Administrator - Jumat,17 Januari 2020 - 13:57:04 wib
Harapan Kemajuan Besar di Kepengurusan Kadin Inhil yang Baru
Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Inhil periode 2020-2025. Foto: Humas

RADARRIAUNET.COM: Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Inhil periode 2020-2025, di Hotel Inhil Pratama, Rabu malam (15/01/20).

Bupati Inhil menyampaikan rasa syukur atas terselenggara dan telah berjalan lancarnya Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kadin Inhil Tahun 2020.

"Musyawarah ini tentu saja penting guna mempersiapkan penyusunan garis-garis besar kebijakan organisasi dalam periode lima tahunan kedepan, yaitu 2020-2025," ujar HM. Wardan

HM Wardan, sangat mendukung atas terbentuknya kepengurusan baru ini serta mengapresiasi panitia pelaksana dan seluruh peserta yang ikut berpartisipasi sehingga kegiatan berjalan lancar.

"Semoga kegiatan ini membuahkan hasil dan pengaruh positif, tidak hanya bagi Kadin, tetapi juga bagi masyarakat dan daerah Inhil. Kami atas nama pemerintah Kabupaten Inhil mengucapkan Selamat kepada Dewan Pengurus Kadin Inhil periode 2020-2025 yang telah dipilih dan dilantik pada hari ini," sebutnya.

Bupati Inhil berpesan, agar Dewan Pengurus Kadin Kabupaten Inhil dapat menjalankan tugas dan amanah yang telah dipercayakan dengan baik, ikhlas, dan penuh tanggungjawab serta dapat berupaya membawa kemajuan bagi Kadin dan perekonomian Inhil ke arah yang lebih baik.

"Semoga Pengurus Kadin Kabupaten Inhil yang baru bisa menjalin sinergi dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan terus meningkatkan peran dalam membangun perekonomian Kabupaten Inhil, termasuk dalam mengembangkan IKM dan UKM dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki daerah serta memajukan dunia usaha dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi."Tukas Bupati mengakhiri sambutannya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Unsur Forkopimda Kabupaten Inhil, Pejabat eselon 2 dan 3, Ketua Umum Kadin Provinsi Riau Supianto, serta para undangan dari pelaku-pelaku usaha di kabupaten Indragiri Hilir.

Sebelumnya,  Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Syamsuddin Uti hadiri Musayawarah Kabupaten (Muskab) Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2020 di Hotel Inhil Pratama Jl. Garam Tembilahan. Rabu, (15/01/2020) pagi

Muskab Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Inhil ini mengangkat tema "Peran Usahawan IKM dan UKM Daerah dalam Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Desa yang Berwawasan Syariah Berbasis Industri Digital 4.0".

Dalam wawancaranya Wakil Bupati H Syamsuddin Uti mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Idragiiri Hilir mendukung dan menyambut baik atas kedatangan Ketua Umum KADIN Riau.

"Semoga jajaran pengurus KADIN Kabupaten Inhil yang baru bisa menjalin sinergi dan kerja sama yang baik dengan Pemerintah Daerah dan terus meningkatkan peran dalam membangun Inhil terutama dalam bidang perekonomian, termasuk dalam mengembangkan IKM dan UKM, memajukan dunia usaha dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi".

Wabup juga menjamin kemudahan untuk segala urusan, itu juga dibuktikan dengan diadakannya Tax Holiday yang artinya pengurangan atau penghilangan pajak penghasilan secara sementara.

Tax Holiday dilakukan untuk meningkatkan ketertarikan dalam berinvestasi bagi para investor. Tutup Wabup, Sementara Ketua Umum KADIN Riau Supianto, S.Sos,. MM dalam wawancaranya mengatakan ini adalah momentum awal ketika acara muskab ini dilaksanakan dan ini adalah salah satu perintah organisasi yang harus kita laksanakan.

Selain itu, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menekankan pelaksanaan program peningkatan perekonomian dan kualitas infrastruktur. Musrenbang RPJMD Kabupaten Inhil Tahun 2018-2023.

Penekanan pada dua aspek tersebut, ekonomi dan infrastruktur dalam pelaksanaan program pembangunan, menurut Bupati, bertujuan untuk mewujudkan Visi pembangunan daerah, 'Untuk Kejayaan Inhil yang Semakin Maju, Bermarwah dan Bermartabat'.

"Untuk itu, segala program yang dijalankan oleh OPD dapat disinkronkan dan termasuk ke dalam Musrenbang RPJMD hari ini dengan keterlibatan Bappeda Inhil dalam proses penyusunannya," pungkas Bupati.

Bupati menyatakan, Musrenbang RPJMD merupakan sebuah forum penting dan strategis sebagai wujud partisipasi dan tanggung jawab sebagai aparatur pemerintah maupun sebagai masyarakat dalam menentukan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Indragiri Hilir untuk kurun waktu lima tahun ke depan sehingga harus berlangsung secara maksimal.

"Saya minta seluruh pemangku kepentingan agar dapat memberikan saran dan masukan yang positif guna melengkapi dan menyempurnakan Rancangan RPJMD Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2018-2023, sehingga dokumen RPJMD dapat menjadi pedoman bagi seluruh unsur pelaku pembangunan di Indragiri Hilir dalam menyusun rencana pembangunan tahunan selama lima tahun ke depan," katanya.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, dengan dasar Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Musyawarah Rencana Pembangunan ini merupakan salah satu tahapan sebelum Rancangan RPJMD disampaikan ke DPRD untuk dilakukan pembahasan dan selanjutnya dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Riau.

"RPJMD Kabupaten Indragiri Hilir periode 2018-2023 merupakan penjabaran Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih atas Visi dan Misi dari rencana pembangunan jangka panjang periode 2005-2025 serta Visi jangka panjang Kabupaten Indragiri Hilir, yakni 'Indragiri Hilir Berjaya dan Gemilang 2025'," jelasnya.

Penguatan pembangunan daerah yang akan dilakukan dalam lima tahun kedepan meliputi 8 Misi hasil dari kristalisasi dari sederet program gagasan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhil terpilih guna mewujudkan Visi pembangunan daerah pada periode pemerintahan 2018-2023.

Adapun 8 misi pembangunan daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhil periode 2018-2023 tersebut, yaitu:

Memantapkan tata kelola pemerintahan yang makin responsif, partisipatif, inovatif, efektif dan berketaatan hukum, memantapkan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar di seluruh wilayah, melanjutkan optimalisasi pengelolaan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan sesuai potensi dan kondisi setempat, memantapkan pembangunan SDM yang semakin berkualitas dan berdaya saing, serta meningkatkan Iman dan Taqwa. Kelima, meningkatkan partisipasi sosial dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan, memantapkan kerukunan, keamanan, ketertiban dan ketentraman kehidupan sosial, melanjutkan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran, terakhir meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi daerah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi yang hadir selaku Plt Kepala Bappeda Provinsi Riau, banyak menyampaikan sejumlah data dan arah kebijakan yang akan dan telah disusun Pemerintah Provinsi Riau, mulai dari perekonomian masyarakat, infrastruktur dan lainnya.

Pembukaan pembahasan Musrenbang RPJMD Kabupaten Inhil tahun 2018-2023 ditutup dengan peluncuran aplikasi SIEVK atau Sistem Informasi Evaluasi Kinerja oleh Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan dan disaksikan oleh segenap tamu juga peserta musyawarah.

 

RR/GR/RL/RO/ADV