Bupati Sukiman Terima Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019

Administrator - Kamis,21 November 2019 - 15:33:10 wib
Bupati Sukiman Terima Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019
M Tito Karnavian memberikan ucapan selamat kepada Bupati Rohul H Sukiman se-usai menyerahkan penghargaan Swasti Saba Padapa di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta Pusat. Foto: Rpc

RADARRIAUNET.COM: Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, menerima penghargaan Swasti Saba Padapa ataupun Kabupaten Kota Sehat (KKS) dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia M Tito Karnavian di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta Pusat.

Dimana penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa Kota Sehat tahun 2019 ini adalah penghargaan atas keberhasilan dalam menyelenggarakan kabupaten/kota sehat tahun 2019 untuk klasifikasi taraf pemantapan.

Bupati Sukiman mengatakan, bahwa penghargaan diterima merupakan wujud kerja sama masyarakat Rohul mewujudkan program Kabupaten Sehat tahun 2019, sesuai indikator penilaian dilakukan tim penilai dari bulan September lalu.

Penilaian Pelaksanaan KKS dilakukan terhadap pemerintah daerah sendiri mulai bedah dokumen, verifikasi lapangan, hingga menetapkan hasil bagi daerah yang akan mendapat penghargaan.?

Dimana penghargaan KKS dari Mendagri dan Kemenkes RI, dilaksanakan dua tahun sekali, terdiri dari tiga tingkatan seperti Swasti Saba yaitu Pengembangan (Wistara), Pembinaan (Wiwerda), dan Pemantapan (Padapa).

Katagori penilaian Kabupaten Kota Sehat dihelat setiap dua tahun sekali secara Nasional. Pada tahun 2019 ini Rohul meraih piala Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan).

Diakui Bupati Sukiman, keberhasilan Kabupaten Rohul meraih Penghargaan Swasti Saba Padapa pada 2019 menunjukkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan lingkungan.

"Kita berharap, ini agar terus dipertahankan masyarakat, bahwa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan masing-masing," harap Bupati Rohul, Sukiman, seperti dilansir riaupos.co.

Kemudian, ia berharap momentum penghargaan Swasti Saba ini memberikan manfaat dan pemahamanya yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Rohul Dimana sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian mengatakan penghargaan Swasti Saba merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang telah berdedikasi dalam menyelenggarakan KKS, sesuai Peraturan Bersama Mendagri dan Menkes Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor /Menkes/PB/VIII/2005.

Tito juga mengungkapkan, bahwa penyelenggaraan kabupaten/kota sehat merupakan kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif.

Terkait program KKS kata Tito,  bertujuan mendorong terwujudnya kabupaten/kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni serta sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan melaksanakan berbagai program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

 

RR/DAI