Selama Pembahasan RAPBD 2020, Bupati Sukiman Ingatkan Kepala OPD Tidak Dinas Luar

Administrator - Kamis,21 November 2019 - 15:30:48 wib
Selama Pembahasan RAPBD 2020, Bupati Sukiman Ingatkan Kepala OPD Tidak Dinas Luar
Sukiman

RADARRIAUNET.COM: Paska diserahkannya rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang RAPBD Rokan Hulu (Rohul) 2020 ke DPRD Rohul, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) fokus dalam mengikuti pembahasan RAPBD 2020.

"Saya instruksikan, tidak satupun kepala OPD di lingkungan Pemkab yang melakukan perjalanan dinas luar (DL). Kepala OPD fokus mengikuti pembahasan RAPBD 2020 di DPRD Rohul," ungkap Bupati Rohul H Sukiman, Rabu (20/11/19).

Ditegaskannya, larangan Kepala OPD tidak meninggalkan tempat tugas, dalam artian harus berada di tempat guna mengikuti tahapan-tahapan pembahasan RAPBD 2020 yang telah terjadwalkan dengan pihak DPRD Rohul.

Orang nomor satu Rohul itu, meminta seluruh OPD setiap usulan program kegiatan yang direncanakan masing-masing OPD harus dikuasai dengan baik. Sehingga jadwal pengesahan RAPBD 2020 pada akhir bulan ini, sesuai  dengan yang diharapkan.

"Jika OPD tidak menguasai dan tak bisa menjawab setiap pertanyaan dari anggota Banggar, maka itu salah satu menjadi penyebab keterlambatan pengesahan RAPBD 2020," sebutnya, dilansir riaupos.co.

Kesempatan itu, Sukiman mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rohul. Setiap tahun target PAD yang dituangkan di APBD mengalami peningkatan.

Untuk diketahui, pada RAPBD 2020, pemerintah daerah menargetkan rencana penerimaan PAD sekitar Rp144,59 miliar. Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan, pemerintah daerah tetap terus menggali potensi penerimaan PAD belum tergarap.

Tentunya potensi PAD yang bisa digali, terutama tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. Sehingganya dari target PAD 2020 sekitar Rp144,59 miliar yang direncanakan didalam RAPBD peningkatan setiap tahunnya

Menurutnya, PAD merupakan pilar utama dalam menentukan APBD, maka harus dikelola secara profesional. Baik secara sumber daya manusia (SDM) dan serta terus menggali potensi-potensi sumber penerimaan lama maupun penerimaan baru

Diberitakan sebelumnya, Bupati Sukiman menyerahkan berkas Ranperda tentang RAPBD Rohul 2020, kepada Ketua DPRD Novliwanda Ade Putra ST. RAPBD yang diproyeksi total yaitu, sekitaran Rp1.471.159.104.760.

Penyampaianya nota keuangan RAPBD 2020 itu, diserahkan langsung oleh Bupati Rohul Sukiman kepada Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST pada saat Paripurna, Senin (18/11/19), disaksikan peserta Rapat Paripurna.

 

RR/DAI