Ia Tak Tertandingi (2)

Administrator - Selasa,12 November 2019 - 12:20:18 wib
Ia Tak Tertandingi (2)
Ilustrasi

Mazmur 68:20-36: Pengenalan bahwa Allah itu sangat besar dan tak tertandingi akan menyebabkan ungkapan pujian yang semakin besar kepada Allah. Semakin biasa dan datar sebuah ungkapan pujian seseorang menunjukkan kadar pengenalannya akan Allah juga biasa-biasa saja.

Dalam bagian ini, pemazmur menyingkapkan lebih dalam pengenalannya akan Allah. Pertama, Allah hadir sebagai Juru selamat (20-24). Ia menanggung umat-Nya, Ia memberikan keluputan dari maut dan membebaskan dari musuh dengan niat jahat mereka. Kedua, Allah diarak sebagai Raja (25-28). Ini adalah peristiwa perayaan kemenangan dan penobatan sebagai Raja. Benyamin dan Yehuda mewakili suku-suku di selatan, sementara Zebulon dan Naftali mewakili suku-suku di utara. Ketiga, Allah ditinggikan sebagai Tuhan (29-36), sebagaimana dikatakan "raja-raja menyampaikan persembahan kepada-Mu" (29).

Kelepasan dan pertolongan Allah yang nyata menunjuk pada kemenangan-Nya pada masa yang akan datang. Sesudah pernyataan tentang kemenangan tertinggi, semua bangsa dan kerajaan bumi ditantang untuk mengakui dan mengagungkan Allah sebagai Tuhan melalui puji-pujian. Dia layak dipuji karena kedahsyatan, kemegahan, dan kekuasaan-Nya dari tempat kudus-Nya (34-36).

Pengenalan terhadap Allah yang benar akan membawa pujian dan penyembahan yang semakin menggema. Pemazmur mengenal bahwa Allah itu sungguh besar tak tertandingi. Allah itu sungguh ajaib. Bahkan, hadir keinginan besar untuk mengajak lebih banyak orang untuk mengagungkan keperkasaan-Nya yang tak tertandingi. Bagaimana pengalaman kita selama ini? Apakah seraya semakin mengenal Allah, kita semakin memuji-Nya dan hati kita semakin rindu untuk mendekat dan menyembah-Nya? Apakah hati kita termotivasi untuk mendorong lebih banyak orang ikut mengagungkan Allah kita? Jika ya, lanjutkanlah perjalanan yang indah itu.

Doa: Tuhan, nyatakan diri-Mu agar kami semakin mengenal-Mu, semakin memuji dan menyembah-Mu. [PC]




Berita Terkait