Program Bupati Wardan Tingkatkan Ekonomi Petani Kelapa Inhil

Administrator - Kamis,17 Oktober 2019 - 15:57:02 wib
Program Bupati Wardan Tingkatkan Ekonomi Petani Kelapa Inhil
Bupati Inhil HM Wardan, MP Optimis mampu tingkatkan ekonomi masyarakat petani kelapa. Foto: Humas

RADARRIAUNET.COM: Bupati Inhil HM Wardan, MP optimis mampu meningkatkan ekonomi masyarakat para petani kelapa melalui program Kampung Berseri Astra di Kabupaten Indragiri Hilir. "Mudah-mudahan program yang dibuat PT Astra ini benar-benar memberi peluang bagi masyarakat di pedesaan di Inhil, dalam meningkatkan ekonominya," ungkap Bupati HM Wardan dalam kegiatan Seremoni Donasi Bantuan dan Ekspor Perdana Produk Unggulan Desa Sejahtera Astra Kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (12/10/19) di salah satu hotel di Kota Batam, Kepulauan Riau.
Atas nama Pemkab Inhil, Wardan menyampaikan terima kasih atas upaya PT Astra, Kemendes PDTT dan Kementerian Keuangan yang telah berkolaborasi dalam kegiatan program Kampung Berseri Astra ini, sehingga dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Indragiri Hilir. Disebutkan, dalam upaya pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat desa, maka Pemkab Inhil pada tahun ini menitikberatkan pada pembangunan ekonomi pedesaan, melalui wadah Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

"Pada tahun ini, 197 desa di Kabupaten Inhil saat ini sudah berdiri BumDes. Diharapkan, BumDes inj berjalan sehat," katanya. Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah menyampaikan, sebagai perusahaan publik yang sudah go internasional, PT Astra mempunyai keinginan agar keuntungan yang didapat bisa kembali ke masyarakat, dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) .

"Dalam hal ini ada empat pilar PT Astra, yakni dalam bidang pendidikan, kesehatan, pelestarian lingkungan, keselamatan kerja, serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Untuk Inhil kita akan menerapkan pilar pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM)," ujarnya.

Ditambahkan, dalam CSR ini, PT Astra memfokuskan pada pendidikan dan pelatihan, pendampingan petani dan penguatan kelembagaan BumDesa, serta bantuan peralatan untuk pengolahan produk unggulan, yakni kelapa.

"Kami juga akan mencarikan pangsa pasar atas produk unggulan yang dihasilkan dari program ini, " cetusnya. Dikatakan, PT Astra sejak beberapa tahun lalu sudah menjalankan program ini di beberapa desa di Kabupaten Inhil. Untuk dua tahun kedepan, ada 10 desa di Inhil yang dimasuki program Kampung Berseri Astra ini.

Dalam rangka mendukung program yang telah dicanangkan, Wardan meresmikan pengukuhan pengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Se-kacamatan Mandah yang berlokasi di Pantai Solop Desa Pulau Cawan.

"Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menjadi wadah pengembangan perekonomian masyarakat desa, Pernyataan ini disampaikan Bupati Inhil HM Wardan saat peresmian.
Pelantikan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Se-kecamatan Mandah, dihadiri Bulati Inhil HM Wardan, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Junaidi, Kadis Perkebunan, Kapolsek Mandah Serta Seluruh Kades Se-kecamatan mandah dan Masyarakat dan para tamu undangan.

"HM. Wardan dalam Sabutannya mengatakan, keberadaan BumDes sangat mendukung pemerintahan desa dalam upaya menjadi sumber pendapatan desa.
Diharapkan, keberadaan BUMDes di kecamatan mandah ini kedepannya dapat berkembang dan menjadi wadah pengembangan ekonomi desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.
"BUMDes menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya," imbuhnya. Pada kesempatan itu Sebanyak 80 Pengurus dan Pengawas BUMDes se-kecamatan mandah, Dilantik Secara Resmi oleh Bupati Inhil, HM Wardan. "Janaidi Camat Mandah Juga Menyampaikan, BUMDes adalah suatu wadah bagi Desa untuk meningkatkan geliat aktifitas ekonomi. Banyak sekali potensi - potensi yang belum dioptimalkan di Desa - Desa. Sayang seklai rasanya kalau potensi itu tidak di eksplore dan direalisasikan menjadi benefit Desa," ungkapnya.

Tambah Ketua APDESI Kecamatan Mandah Said Khairul Hanafiah, agar BUMDes yang ada menjadi sebuah badan uaaha yang mandiri. Seluruh elemen Desa diharapkan dapat bersinergi memberikan dukungan atas eksistensi BUMDes di Desa. "Saya meyakini, kehadiran BUMDes juga akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di Desa tersebut. Bahkan, dari usaha - usaha yang dinaungi BUMDes akan dapat meng - cover dan berkontribusi terhadap sejumlah kegiatan pembangunan di kawasan perdesaan yang bersangkutan," papar Said Khairul Hanafiah yang juga sebagai kades Pulau Cawan.

Dengan segala manfaat keberadaan BUMDes, FM BUMDes Program DMIJ Plus Kecamatan Mandah Rendi Manulang, menganjurkan kepada setiap Desa untuk dapat juga melakukan terobosan - trobosan baru dalam pengelolaan BUMDes di masing - masing Desa agar timbuh perputaran ekonomi masyarakat perdesaan.
Dikatakan Bupati, sesuai visi dan misi Inhil periode ini yang memprioritaskan pengembangan ekonomi masyarakat desa, maka BUMDes adalah pilot project Kabupaten Inhil yang termasuk dalan program DMIJ Plus Terintegrasi.

"Lembaga ekonomi desa adalah BUMDes ini. Saya berharap BUMDes yang sudah terbentuk dan dikukuhkan agar benar-benar melaksanakan fungsinya. Fungsinya adalah menggali potensi-potensi yang ada di desa," ujar Bupati.

Dirinya menyebut, bahwa Inhil merupakan daerah yang kaya akan potensi. Mulai dari perkebunan, pertanian, perikanan, wisata, maupun potensi lainnya. Berbagai potensi tersebut yang diharapkannya harus dikelola oleh BUMDes demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Maka pemerintah dalam hal ini OPD terkait saya sudah menyampaikan melalui program dmij plus terintegrasi agar BUMDes yang ada dikawal, diarahkan agar keberadaan BUMDes di desa menjadi saka guru dalam rangka pengembangan ekonominya. Jadi pengurus yang sudah dikukuhkan dapat secara maksimal bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya," pungkas Pemimpin Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini.

Wardan meresmikan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Kapila Adhiatama”, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS).
Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan mengaku gembira dengan diresmikannya BUMDes tersebut. Sebab, kehadiran BUMDes perlahan-lahan akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.
“BUMDes sangat memungkinkan untuk mendorong perekonomian di kawasan perdesaan melalui ekplorasi potensi,” katanya.

Menurutnya, banyak potensi-potensi di pedesaan yang dapat dikelola dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun sayangnya potensi itu tidak dijelajah dan dimanfaatkan masyarakat.

“Banyak sekali potensi-potensi yang belum dioptimalkan di berbagai Desa. Sayang sekali rasanya kalau potensi itu tidak dieksplore dan direalisasikan menjadi keuntungan Desa,” ungkap Bupati.

Dia berharap, BUMDes Kapila Adhiatama menjadi sebuah badan usaha yang mandiri. Bahkan, seluruh elemen Desa diharapkan bersinergi memberikan dukungan atas eksistensi BUMDes di Desa.

“Saya meyakini, kehadiran BUMDes juga akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. Bahkan, dari usaha – usaha yang dinaungi BUMDes akan dapat mengcover dan berkontribusi terhadap sejumlah kegiatan pembangunan di kawasan perdesaan yang bersangkutan,” harapnya.

Kepada seluruh komponen masyarakat setempat, Bupati mengingatkan untuk senantiasa memaksimalkan penggunaan dan menjaga sarana dan prasarana umum yang telah dibangun.

"Tidak mudah untuk memperoleh pembangunan di sebuah daerah. Perlu perjuangan ekstra yang luar biasa. Sekarang, pembangunan itu sudah diperoleh, jaga dan manfaatkan dengan sebaik - baiknya," imbau Bupati.

Tidak hanya pembangunan yang berasal dari program DMIJ. Peresmian yang dilakukan Bupati Inhil, HM Wardan juga diperuntukkan bagi sejumlah pembangunan yang dilaksanakan melalui program P3MD.

Di GAS, Bupati Inhil, HM Wardan juga mengukuhkan 3 (tiga) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan meninjau pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Tanjung Harapan.

BUMDes, Dorong Ekonomi, Ekplorasi Potensi

Pada kesempatan itu, Bupati Inhil, HM Wardan juga meresmikan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 'Kapila Adhiatama'. Menurut Bupati, kehadiran BUMDes, sangat memungkinkan untuk mendorong perekonomian di kawasan perdesaan melalui ekplorasi potensi.
"BUMDes adalah suatu wadah bagi Desa untuk meningkatkan geliat aktifitas ekonomi. Banyak sekali potensi - potensi yang belum dioptimalkan di Desa - Desa. Sayang seklai rasanya kalau potensi itu tidak di eksplore dan direalisasikan menjadi benefit Desa," ungkap Bupati.
Bupati berharap, agar BUMDes yang ada menjadi sebuah badan uaaha yang mandiri. Seluruh elemen Desa diharapkan dapat bersinergi memberikan dukungan atas eksistensi BUMDes di Desa.

"Saya meyakini, kehadiran BUMDes juga akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di Desa tersebut. Bahkan, dari usaha - usaha yang dinaungi BUMDes akan dapat meng - cover dan berkontribusi terhadap sejumlah kegiatan pembangunan di kawasan perdesaan yang bersangkutan," papar Bupati.
Dengan segala manfaat keberadaan BUMDes, Bupati menganjurkan kepada setiap Desa untuk dapat juga melakukan terobosan pembentukan BUMDes di masing - masing Desa.
Sedangkan Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Wibowo menyambut baik kegiatan kemitraan antara PT Astra dan Pemkab Inhil ini dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat di pedesaan, khususnya di Kabupaten Inhil.
"Kami mempunyai komitmen mendukung kegiatan PT Astra ini," Samsul Wibowo.

Kegiatan Seremoni Donasi Bantuan dan Ekspor Perdana Produk Unggulan Desa Sejahtera Astra Kabupaten Indragiri Hilir ini, dihadiri juga CEO Inacom Mochammad Nasrulyani, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Inhil Yulizal, Kadis Perindag Dhoan Dwi Anggoro, Kadis Perkebunan Eddywan, Kepala Bappeda T Jauhari, Kadis Kominfo HM Taher, Kabag Keuangan Setdakab Inhil Wanhar, para pengusaha dan petani kelapa dari 10 desa sasaran program Kampung Berseri Astra.

 

RR/RGC/ADV