Suyatno Buka Lomba Mancing Memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Rohil

Administrator - Selasa,15 Oktober 2019 - 15:32:56 wib
Suyatno Buka Lomba Mancing Memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Rohil
Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp Saat Membuka Acara Lomba Memancing. Foto: Humas

RADARRIAUNET.COM: 385 orang peserta lomba mancing  secara Resmi dilepas Bupati Rokan Hilir H.Suyatno di sinaboi kecil,Kecamatan Simaboi,acara digelar dalam Rangka memperingati Hari jadi Rokan Hilir yang ke 20 Tahun 2019.

Selain Bupati Suyatno,acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rohil Drs.H.Jamiludin,Sekretaris Daerah Rohil Drs.H.Surya Arfan,MSi,Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi,Dandim 0321/Rohil Letkol Ary Agung Rachman Wahyudi,S.I.P,M.I.Pol,Kepala OPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir,Camat sinaboi Tenku Hasyim,Lurah Sinaboi/para datuk penghulu,TP-PKK Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam Sambutannya,panitia penyelenggara lomba mancing,H.M.zein menyampaikan beberapa kategori jenis ikan yang tidak masuk untuk diperlombakan,yakni,ikan Buntal,Hiu lumba-lumba serta tembakul,dan saya meminta kepada seluruh peserta lomba mancing dalam perlombaan nanti jagalah kenyamanan di laut.

"Semoga dalam perlombaan nanti para peserta lomba mancing sukses,dan beruntung,sehingga bisa membawa pulang hadiah-hadiah yang sudah disediakan oleh panitia,seperti Sepeda motor,Kulkas 2 pintu,televisi,compor gas,dan juga banyak hadiah hiiburan lainya,"kata M.zein.

Sementara itu Bupati Suyatno mengatakan bahwa,lomba mancing yang dilaksanakan tersebut merupakan Rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke-20 Tahun,untuk itu Bupati berpesan kepada seluruh peserta untuk  berhati-hati pada saat melepaskan pancing kelaut.

"Saya pesan  kepada seluruh peserta yang ikut lomba mancing pada hari ini,pertama lebih kehati-hatian pada saat melempar pancing,lihat kondisi kanan-kiri,ada teman apa tidak,karena di laut inikan tau sendirilah,bahwa faktor keamanan itu sangat menentukan sekali,jadi saya harap kita untuk saling mengingatkanlah antara satu dengan yang lainya,"pinta Bupati.

Lanjut Bupati,saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat,dan seluruh peserta lomba mancing yang pada hari ini begitu antusias sekali,dan selamat bertanding, semoga lomba mancing hari ini,yang diikuti oleh 385 orang peserta ini kembali dengan selamat,dan kembali kerumah masing-masing berkumpul bersama-sama dengan keluarga kita tercinta,disampaikan oleh awak media pada hari Senin (14/10/2019).

Lomba mancing Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke-20 Tahun 2019,jam 9.00 pagi,yang ditandai dengan bunyi mercon oleh Bupati Suyatno,Wakil Bupati Jamiludin,Sekretaris Daerah Rohil Drs.H.Surya Sedan,MSi,Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi,S.I.P.,M.l.pol, dan Kapolsek Sinaboi,dan berakhir pada pukul 16.00 wib,ditandai kembali dengan bunyi mercon dan tanda berakhirnya lomba mancing tersebut.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui panita penyelenggara Rohil Fising Club, menggelar lomba mancing dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Rohil Yang Ke-20 Tahun 2019.

Sekretaris Daerah Rohil Drs HSurya Arfan MSi, menyampaikan bahwa Ketua Panitia Lomba Mancing Dalam Rangka Hari Jadi Rohil yang Ke 20 Tahun 2019 ini, Sekretaris Rohil Fising Club HM Zen ,melaporkan sudah 325 perta yang ikut mendaftar, dan diperkirakan menjelang Hari H nanti, jumlah peserta  bisa mencapai 500 lebih."Luar biasa, Hobby mancing ternyata masih cukup tinggi di Rohil dan Sekitarnya,lomba mancing ini ditaja setiap Tahunnya oleh pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, hal tersebut dilakukan mengingat banyaknya peminat atau yang Hobby mancing," Kata Sekda.

Lanjut Sekda,bahwa kegiatan mancing tersebut diminati oleh semua kalangan, mulai dari masyarakat umum, komunitas kantor pemerintah dan swasta, bahkan para guru, dan juga pejabat yang ikut berbaur, jadi artinya, hobby mancing ini meleburkan stara dan status seseorang, jadi kalau sudah sama-sama hobby memancing tidak ada lagi antara satu dengan yang lain.

"Oleh Karena itu, lomba mancing disamping menyalurkan hobby juga sebagai wadah silaturahmi dan juga sebagai alat komunikasi, serta yang lebih diharapkan lagi dengan memancing dapat dijadikan sebagai ajang promosi wisata Rokan Hilir," jelas Sekda.

Sekda menambahkan bahwa, memancing dilaut sinaboi Rohil, untuk Rohil cukup banyak spot Mancing, yakni kuala bagan (mancing mania) yang menyebutnya bubu sepuluh/seboleh, pulau halang muka-belakang, disini jenis ikan sembilang, pari, belukang, gelamo dengan ikan favoritnya ikan senangin, dengan berbagai macam Ukuran, Sedangkan di spot lainnya, dipanipahan dan pulau jemur, disini dinominasikan ikan krapu, kakap jiti dan ikan-ikan berkelas lainya.

"Yuuk Kita Ramaikan Event Lomba Mancing dilaut Sinaboi pada Hari Sabtu Tanggal 12 Oktober 2019 daftarkan secepatnya,sebelum habis stok boatnya," ajak Sekda.

Sementara untuk itu, untuk diketahui bahwa Hadiah utama pada perlombaan mancing Hari Jadi Rohil yang ke-20 Tahun tersebut adalah satu unit sepeda motor,dan hadiah-hadiah berharga lainya dengan sponsori tunggal BANK RIAU KEPRI bekerjasama dengan panitia lomba mancing pemkab Rohil.

"Kita juga mengundang direksi BANK RIAU KEPRI Kantor Pusat di Pekanbaru, dan mudah-mudahan komunitas mancing  BANK RIAU KEPRI Kantor Pusat Pekanbaru turut juga hadir bersama-sama kita dalam acara nanti, agar acara lomba macing tersebut lebih meriah lagi," harap Sekda.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Rohil Jamiludin, Sekda Surya Arfan, Wakil ketua DPRD Rohil Basyiran Nur Efendi, Camat Sinaboi Tengku Muhammad Hasyim, Para kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohil dan sejumlah ketua organisasi kepemudaan serta Ormas.

Pelepasan lomba menangkap ikan pakai pancing dan umpan dengan memakai boat pompong itu, ditandai dengan dinyalakannya kembang api oleh Bupati Suyatno diikuti para pejabat tinggi Daerah Rohil lainnya.

Adapun lomba yang diikuti sebanyak 385 peserta itu untuk memperebutkan hadiah utama yaitu 1 unit sepeda motor matic merek Honda dan hadiah menarik lainnya serta sejumlah door prize yang sudah disediakan panitia.

“Dalam memeriahkan HUT Rohil sudah banyak kegiatan yang sudah terlaksana, lomba mancing ini juga termasuk salah satunya," kata Suyatno.

Meskipun panitia telah mempersiapkan segala kemungkinan, baik tim medis maupun tim keamanan lainnya, namun Bupati Suyatno tetap berpesan kepada seluruh peserta agar senantiasa berhati-hati dalam mengikuti kegiatan itu

“Harus selalu hati hati, faktor keamanan dan keselamatan harus diutamakan, untuk itu saya ucapkan selamat bertanding, semoga semua peserta pulang dengan selamat dan mendapatkan hasil yang baik,” pungkasnya.

Sebelum lomba mancing dimulai, Bupati Rokan Hilir H Suyatno didampingi Wakil Bupati Drs H Jamiluddin, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Surya Arfan, para Asisten dan Kepala OPD Pemkab Rohil terlebih dahulu menembakkan kembang api bertanda dimulainya lomba mancing.

Terpisah,para  peserta semakin tertarik untuk mengikuti kontes kail ikan yang diselenggarakan oleh Pemkab Rohil tersebut. Pasalnya, para peserta melirik hadiah utama yang disediakan oleh panitia acara yakni 1 unit sepeda motor jenis matic serta hadiah menarik lainnya.

Dalam sambutannya, H Suyatno mengatakan, Pemkab Rohil telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Rohil ke 20 tahun 2019, termasuk lomba mancing, berlangsung meriah.

“Banyak rangkaian kegiatan yang sudah kita laksanakan selama sepekan, besok Minggu terakhir kita gelar fun bike, sepeda santai,” kata Suyatno.
Kendati segala sesuatu telah dipersiapkan untuk mengantisipasi dari segala kemungkinan, baik medis maupun keamanan. Namun H Suyatno mengimbau kepada seluruh peserta agar selalu meningkatkan kewaspadaan, berhati-hati, dan mengutamakan keselamatan serta keamanan diri.

“Saya mengucapkan selamat bertanding, semoga seluruh peserta lomba mancing mendapatkan hasil yang banyak sesuai dengan apa yang diharapkan, lomba mancing saya nyatakan di buka,” kata H Suyatno.

Para peserta lomba mancing pun berhamburan bergegas menuju lokasi pemancingan dengan mempersiapkan joran masing-masing seraya berharap mendapatkan keberuntungan dengan hasil terbaik agar dapat membawa pulang hadiah yang diinginkan oleh masing-masing peserta.

 

RR/DRS/RGRN/SRP/ADV