Usai Bertemu Prabowo

Jokowi: Gerindra Kemungkinan Masuk Koalisi

Administrator - Senin,14 Oktober 2019 - 10:01:01 wib
Jokowi: Gerindra Kemungkinan Masuk Koalisi
Foto pertemuan Jokowi - Prabowo

RADARRIAUNET.COM: Presiden Jokowi menegaskan Partai Gerindra kemungkinan besar akan masuk ke dalam koalisi partai pemerintahan. Hal itu disampaikan Jokowi setelah berbicara dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka. "Kami bicara mengenai kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi," kata Jokowi kepada pers di Jakarta, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (11/10).

 

Sementara itu, Prabowo menuturkan pihaknya selalu mengutamakan kepentingan yang besar, yakni bangsa dan negara. "Apabila kami diperlukan, kami siap untuk membantu. Kalau diperlukan kami siap," katanya.

Sehari sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menemui Presiden Joko Widodo. SBY tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10). Salah satu isi pembicaraan pun terkait dengan kemungkinan Partai Demokrat untuk masuk dalam barisan koalisi partai pendukung Jokowi.

Prabowo siap bantu

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan pula bahwa pihaknya siap membantu pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin apabila diperlukan. "Saya sampaikan ke beliau, kalaupun kami diperlukan (di pemerintahan), kami siap membantu," ujar Prabowo.

"Kami akan memberikan gagasan optimis, kami yakin Indonesia bisa tumbuh, bisa bangkit cepat," kata dia. Prabowo menekankan bahwa Partai Gerindra selalu mengutamakan kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan bangsa dan negara. Meskipun berbeda pandangan politik dan pernah terlibat rivalitas pada pesta demokrasi, Prabowo meyakinkan bahwa hal itu bukanlah penghalang. "Kami bertarung politik. Tapi begitu selesai, kepentingan nasional yang utama. Kita harus bersatu," lanjut Prabowo.

 

RR/kps/zet