Pertemuan Rutin di Lapas Pasirpangaraian, Ini Pesan Kadivpas Kemenkumham Riau

Administrator - Jumat,11 Oktober 2019 - 13:48:28 wib
Pertemuan Rutin di Lapas Pasirpangaraian, Ini Pesan Kadivpas Kemenkumham Riau
Pertemuan Rutin Kalapas se-Riau di Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kamis (10/10/19) pagi. Tampak, pihak Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian memberikan bingkisan kepada anak yatim. Foto: Rtc

RADARRIAUNET.COM: Kadivpas Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Wilayah Riau Surung Pasaribu? Bc.IP, SH, MHum, menghadiri pertemuan Rutin Kalapas se-Riau di Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kamis (10/10/19).

Pada acara Pertemuan Rutin dan Perpisahannya Ketua Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Wilayah Riau dengan tema "Jalin Silaturahmi dan Tingkatkan Kebersamaan untuk Pemasyarakatan yang Lebih Baik". Ini, dihadiri Kalapas se-Riau serta Pengurus PIPAS se- Riau.

Kegiatan juga dihadiri Penasehat PIPAS Wilayah Riau Ny M. Diah, Ketua Pipas Wilayah Riau Ibu Surung Pasaribu, disambut Kalapas Kelas IIB Pasirpangaraian Muhammad Lukman AMd, Ip, SH, MSi, dan KPLP Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian Parlin Hasiholan, serta keluarga Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian.

Kadivpas Kemenkumham Riau, Surung Pasaribu, mengatakan setiap Lapas yang ada di Riau punya ciri khas sendiri. Ia melihat kinerja M. Lukman cukup baik, sebab ini berhasil menciptakan Lapas Pasir Paangaraian humanis dan religius.

"Kita lihat mulai warga binaannya tidak ada riak-riak dan bagus, ada istri pegawai yang bisa membaca Alquran dengan sangat baik, suaminya memimpin doa, kemanusiaan mereka begitu indah, bahkan sampai Ustad Abdul Somad sudah ceramah di sini. Ini betul-betul diutamakan religius dalam membangun sistem pemasyarakatan ke depan, terutama dalam mendukung revitalisasi Pemasyarakatan," tambahnya.

Pasaribu kesempatan itu juga berpesan ke istri pegawai Lapas se- Riau, agar selalu setia dan ikut mencari solusi. Juga berharap anggota Pipas di Wilayah Riau tetap solid, dan tetap tunduk ke suami. Karena katanya, ketangguhan petugas Pemasyarakatan ini harus dibentengi dengan kesetian seorang istri.

Pasaribu juga berpesan, agar setiap Lapasn bisa menguasai Informasi Teknologi atau IT, karena ke depannya semua sistem pelayanan di Lembaga Pemasyarakatan sudah tahap menggunakan IT. Seperti halnya sistem kunjungan di Lapas. Sehingga dengan demikian, akan dapat mendukung prestasi dan kenirja.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian, Muhammad Lukman mengatakan, Pertemuan Rutin ini merupakan agenda rutin Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Wilayah Riau, khususnya untuk ibu-ibu tergabung di Pipas. Hal ini, dirangkai dengan kegiatan Hari Dharma Karya Dhika, dan Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Tujuannya adalah untuk menjalin komunikasi, silaturahmi dan sinergitas keluarga besar Pemasyarakatan se-Riau," jelas Lukman. Ia juga mengharapkan, dari pertemuan rutin tersebut, para istri pegawai terus mendukung tugas mulia suaminya dalam hal memberikan pelayanan pemasyarakatan, terutama di Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian.

Terkait masukan dari Kadivpas untuk pengembangan IT di Lapas, Lukman mengaku Lapas Pasirpangaraian telah diberikan perangkat berupa sistem database Pemasyarakatan, salah satunya adalah peningkatan dalam konteks layanan kunjungan berbasis IT.

Lukman mengaku, IT untuk sistem kunjungan sebenarnya sudah berjalan di Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian, namun perlu dilakukan penyempurnaan. Saat ini, pegawai sudah bisa melihat siapa pengunjung sesuai data KTP-nya

"Tinggal nantinya kita sempurnakan, kita lengkapi kembali. Dan kebetulan alat itu sudah kita peroleh, dan mudah-mudahan tahun ini kita bisa pasang, baik itu di depan maupun tatap muka langsung di sini," ucap Lukman.

 

RR/DAI