Karhutla Masih Marak, 3 Wilayah di Riau Berasap

Administrator - Jumat,02 Agustus 2019 - 11:19:11 wib
Karhutla Masih Marak, 3 Wilayah di Riau Berasap
Satgas Karhutla memadamkan api di Riau beberapa waktu lalu.cakaplah.com pic

PEKANBARU : Akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di provinsi Riau, sebanyak 3 wilayah di Bumi Lancang Kuning diselimuti kabut asap, Jumat (2/8/2019).

"Tiga wilayah di Riau diselimuti kabut asap. Wilayah tersebut yakni Pekanbaru, Pelalawan dan juga Dumai," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki seperti sitat cakaplah.com, Jumat (2/8/2019).

Ia merincikan untuk wilayah Pekanbaru dan Pelalawan jarak pandangnya menurun jadi 4 Kilometer. "Sementara untuk Dumai jarak pandangnya 5 kilometer," cakapnya.


Lebih lanjut ia menjelaskan, hari ini 54 titik panas terpantau di Riau yang tersebar di 9 wilayah. Rinciannya, di Bengkalis 2 titik, Kuansing 1 titik, Dumai 2 titik, Pelalawan 23 titik, Kepulauan Meranti 1 titik, Rokan Hilir 9 titik, Siak 4 titik, Indragiri Hilir 7 titik dan Indragiri Hulu 5 titik.

"Dari jumlah tersebut 32 titik diantaranya adalah kebakaran hutan dan lahan. Karena memiliki level konfidence diatas 70 persen sehingga bisa dipastikan itu adalah titik api," ungkapnya.

Titik api itu tersebar di Bengkalis 1 titik, Pelalawan 15 titik, Rokan Hilir 7 titik, Meranti 1 titik, Siak 1 titik, Indragiri Hilir 4 titik,dan Indragiri Hulu 3 titik.

"Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadi Karhutla," pungkasnya.


RRN/CKP