Wanita AS Tewas Diserang Singa di Lion Park Afrika Selatan

Administrator - Jumat,05 Juni 2015 - 01:09:27 wib
Wanita AS Tewas Diserang Singa di Lion Park Afrika Selatan
foto : net

JOHANNESBURG (RR) — Seorang turis perempuan asal AS tewas diserang seekor singa di Lion Park di luar kota Johannesburg, Afrika Selatan, Senin (1/6) malam.

Sejumlah orang yang menyaksikan serangan itu telah membunyikan klakson mobil mereka dalam usaha untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang yang berada dalam bahaya itu saat singa tersebut mendekati. Demikian menurut sumber yang dekat dengan penyelidikan, yang tidak ingin disebutkan identitasnya, pada Selasa, sehari setelah perempuan itu tewas.

CNN melaporkan, korban telah diidentifikasi sebagai Katherine Chappell (29 tahun) dari Rye, New York.

Korban sedang mengambil foto dan kemungkinan tidak melihat singa itu mendekat dari samping, kata sumber itu. Perempuan itu merupakan penumpang sebuah kendaraan dan bersama seorang operator tur ketika singa menyerang.

Operator tersebut terluka saat mencoba melawan binatang buas itu, tetapi ia diperkirakan akan selamat, kata Scott Simpson, asisten manajer operasi di Lion Park.

Pihak Lion Park mengatakan, sejumlah saksi telah memastikan bahwa jendela penumpang dan pengemudi kendaraan yang ditumpangi dalam kondisi terbuka pada saat kejadian. Singa tersebut berhenti sekitar satu meter dari kendaraan tersebut ketika perempuan itu terus mengambil foto, kata pernyataan Lion Park. Singa tersebut menerjang mobil, lalu menggigit perempuan itu melalui jendela yang terbuka.

Staf Camp berusaha mengusir singa itu, kata pernyataan tersebut. Sebuah ambulans tiba dalam beberapa menit ketika para staf memberikan pertolongan pertama. Namun, Chappell meninggal di tempat kejadian.

Simpson mengatakan, singa itu akan dipindahkan, sementara pihak taman melakukan penyelidikan. Namun, singa itu tidak akan dibunuh.

Menurut pernyataan Lion Park, taman tersebut sudah mengalami insiden semacam itu sebelumnya, semua karena jendela yang terbuka. "Hal itu (buka jendela) benar-benar dilarang di taman kami," kata Simpson. "Ada banyak tanda, dan kami membagikan selembar kertas yang isinya memperingatkan para tamu untuk selalu menutup jendela mereka," tambahnya.

Peringatan bagi para tamu untuk menjaga jendela mereka selalu tertutup ditemukan di kursi kendaraan perempuan yang tewas itu, kata sumber yang dekat dengan penyelidikan tersebut.

Lion Park, pusat satwa liar di Provinsi Gauteng Afrika Selatan, menawarkan berbagai hewan, termasuk singa, zebra, jerapah, dan anjing liar.

"Sangat menyedihkan bahwa nyawa harus hilang dengan cara ini," bunyi pernyataan Lion Park. "Para pengunjung Afrika Selatan harus ingat bahwa para predator itu berbahaya dan aturan ada untuk keselamatan mereka sendiri. Jika semua aturan dipatuhi, kunjungan Anda ke Lion Park, taman nasional, serta fasilitas sejenis lainnya akan aman dan menyuguhkan pengalaman berharga," jelasnya. (kompas/rr)