Ivent Taekwondo Gairahkan Wisata "Mice" Pekanbaru

Administrator - Jumat,04 September 2015 - 10:50:19 wib
Ivent Taekwondo Gairahkan Wisata
FOTO: antarariau

PEKANBARU (RRN) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pekanbaru, menilai kejuaraan taekwondo internasional atau "International Taekwondo Championship Indonesia 2015" yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru,  3-6 September ini, bisa menggairahkan perekonomian khususnya wisata berbasis Meeting, Insentive, Conference dan Exhibition atau "Mice".


"Pasalnya kunjungan atlet dari puluhan negara akan membuat ekonomi kecil bergairah. Ratusan kamar hotel tersewa," ungkap Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Pekanbaru, Hermanius, Rabu (2/9).


Hermanius menyebutkan Pemerintah.  Kota Pekanbaru sejak dua tahun terakhir ini sudah menggaungkan program kota "Mice" dengan memberikan kemudahan-kemudahan dalam segala hal perijinan, selain juga melakukan lobi-lobi untuk mengundang berbagai ivent digelar di ibu kota Provinsi Riau tersebut.


Tujuannya jelas untuk meningkatkan kunjungan pribadi maupun kelompok ke Pekanbaru, dengan secara tidak langsung akan membuat geliat perekonomian. Makanya semua sektor harus berupaya maksimal menciptakan kondisi ketertarikan ini.

 

"Kedepannya Pemko harus menciptakan bagaimana ivent tingkat nasional dan internasional bisa dilakukan di Pekanbaru," ujar Hermanius.


Meski diakui dia Pekanbaru tidak memiliki wisata alam yang bisa dijual. Tetapi sebagai kota jasa dan perdagangan wilayah itu terus menggeliat sehingga memiliki nilai jual kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Terkait akan diselenggarakannya  International Taekwondo Championship Indonesia 2015 tanggal 3-6 September di Gelanggang Olah Raga (GOR) Remaja Pekanbaru, Hermanius yakin akan ada peningkatan kunjungan wisatawan internasional maupun lokal. Hal ini jelas akan berdampak kepada mengeliatnya ekonomi kerakyatan.


Karena Hermanius menganalisa,  tamu dan atlet  yang datang pada kejuaraan terbuka ini berasal dari 21 negara. Belum lagi atlet lokal.

 

Data panitia mengatakan ada sekitar 337 atlet diluar pendamping dan ikutannya akan datang ke Pekanbaru esok. Maka ini diharapkan akan membelanjakan rupiah mereka bagi segala sektor yang dibutuhkan.
"Berapa ratus juta uang akan beredar di Pekanbaru dalam tiga hari itu saja. Ini sangat menggairahkan perekonomian ditengah keterpurukan saat ini," bebernya.


Karena itu Hermanius mengakui, memang untuk menghidupkan wisata "mice" perlu digaet berbagai ivent agar diselenggarakan di Pekanbaru.


Ditempat yang sama Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, mengakui akan mengerahkan 100 personel untuk mengamankan selama ivent berlangsung.

 

"Untuk pengamanan kami berkoordinasi dengan Polresta Pekanbaru dan juga Paskas," ujar Zulfahmi.
Ia menjelaskan sampai saat ini pengamanan yang dilakukan adalah melakukan peninjauan lokasi masuk dan keluar kendaraan serta lokasi parkir.

 

Selain itu pengamanan untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang nantinya dikhawatirkan akan membuat suasana disekitar tidak kondusif.


"Dalam ivent ini akan Bazar UMKM dihalaman GOR yang dikoordinasikan Disperindag," (llusi).