Jalan Kampung Aman, Sinaboi, Rohil, Perlu Disemenisasi

Administrator - Kamis,16 Mei 2019 - 13:54:17 wib
Jalan Kampung Aman, Sinaboi, Rohil, Perlu Disemenisasi
Jalan menuju ke Kampung Aman, Teluk Bakau, Sinaboi. F Amran

ROHIL : Masih banyak jalan di Kecamatan Sinaboi yang belum diaspal dan disemenisasi, serta rusak parah. Salah satunya adalah jalan menuju Kampung Aman, Kepenghuluan Teluk Bakau, Kecamatan Sinaboi, Rohil.

Kondisi jalan menuju Kampung Aman sebagian ditimbun dengan tanah liat, sebagian lagi masih jalan lama, yang disemenisasi sekitar enam tahun lalu. Sehingga badan jalan menuju Kampung Aman sudah banyak yang rusak.

Jika hujan, jalan licin disebabkan tanah liat berubah menjadi lumpur, dan jika air laut pasang, lumpur dari endapan air laut menyebabkan badan jalan juga menjadi licin. Kerusakan badan jalan ke Kampung Aman, juga disebabkan kendaraan pengangkut sawit.

Camat Sinaboi Tengku Hasim mengatakan jalan menuju ke Kampung Aman, Sungai Bakau, panjangnya lebih kurang 4 kilo meter. Lebar jalan diperkirakan 5-6 meter. Jalan tersebut, kata Tengku Hasim, bermanfaat banyak bagi masyarakat.


"Sebagian besar masyarakat Kampung Aman Kepenghuluan Teluk Bakau, bekerja kebun sawit, dan sebagian berladang. Sehingga jalan tersebut sangat penting bagi masyarakat," kata Camat Sinaboi, Tengku Hasim, Rabu, 15 Mei 2019 di Masjid Agung Al-Ikhlas, Kota Bagansiapiapi.

Dari penjelasan Tengku Hasim, melihat lebar dan panjang jalan, serta akses jalan tersebut, maka jalan menuju Kampung Aman ini tidak dapat dibangun dengan mengunakan dana desa. Melihat pentingnya jalan tersebut bagi masyarakat, jelas Camat, maka perlu jalan tersebut di bangun.

"Pembangunannya tidak dapat mengunakan dana desa. Sebab, biayanya tentu tidak sedikit. Sehingga pembangunannya mestinya mengunakan dana dari kabupaten," ujar Tengku Hasim.

Perbaikan jalan ke Kampung Aman, sebut Camat, juga sudah diusulkan dan disampaikan di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dan kabupaten. "Bahkan beberapa tahun sudah diajukan, diusulkan sebagai prioritas," tutur Hasim. (Amran)


RRN/Amr