Sosialisasi Dana Box dan Jampersal Dak Nonfisik

Administrator - Senin,06 Mei 2019 - 15:52:24 wib
Sosialisasi Dana Box dan Jampersal Dak Nonfisik
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir H Ahmad saat menyampaikan paparannya

Bagansiapiapi : Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir pada tanggal 02 Mei 2019 mengadakan Sosialisasi Program Dana Box dan Jampersal Dak Nonfisik yang diikuti oleh seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir meliputi pengelola program Jampersal, seluruh Kepala Puskesmas dan bidan koordinator.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir H Ahmad yang dilaksanakan di aula Hotel Armarosa Bagansiapiapi.

Pembicara pada acara ini adalah Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau, bapak Ahmad Jajuli, Skm, Mkm dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir H Ahmad.


Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir H Ahmad dalam paparannya mengatakan bahwa jampersal pada tahun ini mendapatkan anggaran sekitar 4 milyar, dan mengalami penurunan anggaran dari tahun lalu.

"Tapi dengan tata kelola kita terhadap program jampersal ini mudah-mudahan mencukupi. Karena kita sangat selektif dalam menentukan peserta jampersal," ujarnya kepada media Radar Riau.

Tambahnya ada 3 (tiga) indikator didalam menentukan peserta jampersal :
1. Harus dengan penyulit
2. Ada rujukan rumah sakit
3. Betul-betul terindikasi miskin


"Jadi filosofi adanya program jampersal adalah untuk menurunkan angka kematian bayi, dan kita akan mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin khusus jampersal," ungkap Sekre Diskes Rohil ini.

Lanjutnya jampersal ini hanya dilayani untuk 2 (dua) yaitu ibu dan bayi. Dan yang dikatakan ibu itu ada 3 (tiga) yaitu ibu hamil, ibu melahirkan, dan ibu menyusui. Sedangkan yang dikatakan bayi adalah yang berumur 0-29 hari. Dan inilah yang bisa ditanggung.

"Mungkin dengan adanya pemberitaan dari media yang juga merupakan sosialisasi positif bagi kita, sehingga informasi ini bisa diterima oleh masyarakat," ungkapnya.


RRN/Rif