Suhartoni Kacab Disdik Inhil Pantau Pelaksanaan UNBK

Administrator - Senin,01 April 2019 - 00:48:24 wib
Suhartoni Kacab Disdik Inhil Pantau Pelaksanaan UNBK
Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018/2019. Foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Inhil: Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMA sederajat di Indragiri Hilir, yang mulai digelar, Senin (1/4) berjalan lancar.

Kepala kantor Dinas Pendidikan (Kacab Disdik) Riau Wilayah Inhil, Suhartoni saat memantau pelaksanaan UNBK di sejumlah SMA yang ada di Tembilahan, mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA sederajat di Inhil diikuti 4.164 peserta dengan rincian 1.879 peserta UNBK dan 2.285 peserta UNKP.

"Sesuai informasi yang kita terima baik itu di ibu kota Kabupaten Inhil maupun di daerah semua berjalan lancar dengan diikuti 4.164 peserta yang dibagi 1.879 peserta dari UNBK dan 2.285 peserta dari UNKP," ucapnya.

Sedangkan jumlah sekolah yang menerapkan UNBK sebanyak 14 sekolah dan 30 sekolah masih menggunakan UNKP.

"Walaupun belum seluruhnya mampu menerapkan UNBK, namun pelaksanaanya berjalan lancar dihari pertaman ini," tutur Suhartoni kepada wartawan cyber media radarriaunet.com, Senin 1 April 2019.

Suhartoni optimis pelaksanaan UNBK dan UNKP tidak akan diwarnai isu kebocoran soal karena sistem ujian yang sudah berbasis komputer dan UNKP dikawal ketat petugas.

"Sangat sulit bagi peserta untuk mendapat bocoran soal. Semua dikawal ketat," tambahnya.

Dia berpesan agar seluruh siswa siswi yang mengikuti ujian agar mematuhi peraturan dan melaksanakan ujian dengan sebaiknya.

"Fokus belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian dengan sebaik-baiknya hingga selesai," pesannya. 

Ak/RRN