Bupati Rohil Kecewa Hasil Try Out UN

Administrator - Senin,01 April 2019 - 23:58:44 wib
Bupati Rohil Kecewa Hasil Try Out UN
Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan pengarahan pada Rapat Evaluasi dan Persiapan Pelaksanaan UN 2019 di aula Kantor Dinas LH Pemkab Rohil. Foto: Amran/RRN

Bagansiapi-Api: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Rohil, bersama CV Smart Neuton, Pekanbaru, pada 11-14 Maret 2019, kemarin mengadakan try out Ujian Nasional (UN), ujian sekolah dan madrasah tingkat SD/MI dan SMP/MTs Tahun Pelajaran (TP) 2018.

Hasil tru out yang dikuti ratusan sekolah dan ribuan siswa se Rohil tersebut diumumkan, Senin (01/04/2019) pada Rapat Evaluasi dan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional sekaligus Pengumuman Hasil Try Out US/M SD/MI dan UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018, di aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Rohil, Batu Enam.

Tertinggi peringkat hasil try out ditingkat SD/MI negeri/swasta diraih SD Negeri 017 Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih, di tempat ke dua SD Negeri 001 Panipahan, Pasir Limau Kapas (Palika), dan tempat ke tiga SD Swasta Pertiwi, Panipahan, Palika.

Di tingkat SMP/MTs, teringgi nilai try out diraih SMP Swasta Sungai Tapah, Kecamatan Tanjung Medan, di tempat ke dua diraih SMP Negeri 2 Simpang Kanan, dan di tempat ke tiga diraih SMP Negeri 7 Bagan Sinembah.

Secara individual, peraih nilau try out tertinggi tingkat SMP/MI adalah Frencyia Tiorenli dari SMP Swasta Yosef Arnold, tempat ke 2 diraih Dian Kartini dari SMP Negeri 2 Kuba, dan Ahmad Excel RT dari SMP Negeri 1 Bagan Sinembah.

Sedangkan peraih nilai tray out tertinggi tingkat SD/MI diraih Raisa Salsabila dari SD Negeri 001 Palika, tempat ke dua diraih Khalifin Pratama dari SD Negeri 030 Balai Jaya, dan tempat ke tiga ditempati Azmi Apriliansyah dari SD Negeri 010 Bagan Sinembah.

Namun, perolehan nilai try out tersebut belum memuaskan Bupati Rohil H Suyatno. Penyebabnya, tidak ada satu pun pemenang try out tersebut dari sekolah dan siswa di Kecamatan Bangko, Kota Bagansiapiapi.

“Saya sedikit kecewa, karena dari hasil laporan yang kita terima itu, banyak anak-anak kampung yang berhasil. Ya seperti dari Panipahan, Tanjung Medan, dan Bagan Batu, Bagan Sinembah. Bangko sendiri mana ?,” kata Bupati Rohil H Suyatno, sambil bertanya kepada wartawan cyber media radarriaunet.com, Senin 1 April 2019.

Bupati H Suyatno pun meminta penegasan dan pemerataan pelaksanaan try out. Pelaksanaan try out, yang memungut uang dari orang tua siswa, sebut Bupati, juga dikatakan akan memberatkan orang tua siswa. Pemkab Rohil, kata Bupati, akan membiayai pengadaan soal try out pada pelaksanaan tahun depan. “Melalui pertemuan ini diharapkan membawa dampak yang lebih baik ke depan,” ujar Bupati.

Amran/RRN