Menteri Dalam Negeri Turki Mendadak Mundur, Alasan Tak Jelas

Administrator - Sabtu,03 September 2016 - 12:40:11 wib
Menteri Dalam Negeri Turki Mendadak Mundur, Alasan Tak Jelas
ilustrasi. dtc

RADARRIAUNET.COM - Menteri Dalam Negeri Turki, Efkan Ala, mengundurkan diri secara mendadak. Alasan pengunduran diri Efkan Ala yang selama ini dikenal sebagai loyalis Presiden Recep Tayyip Erdogan, ini misterius.

Seperti dilansir AFP, Kamis (1/9/2016), pengunduran diri Efkan Ala itu diumumkan oleh Perdana Menteri Binali Yildirim usai menghadiri rapat dengan Presiden Erdogan. PM Yildirim mengumumkan bahwa Ala akan digantikan oleh Suleyman Soylu, yang kini menjabat Menteri Ketenagakerjaan dan Keamanan Sosial.

Tidak ada penjelasan resmi soal mengapa Ala mengundurkan diri dari jabatannya. Media-media lokal Turki menyebut, pengunduran diri Ala itu tidak diduga.

Dalam pernyataannya, PM Yildirim berterimakasih kepada Ala atas pengabdiannya selama ini.

Pergantian menteri ini terjadi usai percobaan kudeta yang gagal pada 15 Juli lalu. Otoritas Turki menuding ulama terkenal Fethullah Gulen, yang juga musuh Erdogan, yang kini tinggal di Amerika Serikat. Munculnya percobaan kudeta itu dikaitkan dengan kegagalan intelijen Turki.

Usai percobaan kudeta digagalkan, Turki menggelar operasi pembersihan besar-besaran terhadap orang-orang yang diyakini terlibat upaya kudeta, yang juga dituding menjadi pengikut Gulen.

Efkan Ala menjabat Menteri Dalam Negeri selama tiga tahun terakhir. Sebelumnya dia menjabat asisten Erdogan, saat dia menjabat Perdana Menteri Turki.

Pengunduran diri Efkan Ala ini terjadi di tengah meningkatkan konflik antara tentara Turki dengan kelompok Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Turki.


dtc/fn/radarriaunet.com