Hindari Pemborosan Anggaran, Warga Berharap Pemkab Bengkalis Laksanakan Inpres Nomor 8/2016

Administrator - Rabu,31 Agustus 2016 - 10:18:36 wib
Hindari Pemborosan Anggaran, Warga Berharap Pemkab Bengkalis Laksanakan Inpres Nomor 8/2016
ilustrasi. okz
RADARRIAUNET.COM - Pasca diterbitkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8/2016, sejumlah kalangan di Bengkalis berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menjalankannya dengan baik. Menyusul Inpres tersebut menyangkut upaya penghematan anggaran pemerintah. 
 
Seperti disampaikan salah seorang warga Bengkalis Wan Muhammad Sabri. Menurutnya, dengan Inpres tesebtut sangat cocok diterapkan untuk menyelamatkan APBD dari kebocoran yang tidak semestinya. “Sangat cocok untuk cara Pemkab Bengkalis menghemat anggaran,” ungkapnya, Selasa (30/8/16). 
 
Disampaikan Sekretaris Badan Anti Korupsi (BAK) Lembaga Inventarisir Penyalahgunaan Uang Negara (LIPUN) ini, khususnya untuk Pemkab Bengkalis, agar mengikuti Inpres tersebut. 
 
Sabri menyontohkan hal paling ringan dan merupakan kebiasaan buruk, seperti ketika salah satu SKPD akan menggelar kegiatan, dengan membuat sejumlah baleho untuk melakukan sosialisasi.  
 
"Untuk informasi kan sudah ada tempatnya yakni media masa, manfaatkan media itu, maka akan lebih bermanfaatkan daripada baleho. Kemudian berapa banyak plang-plang yang sudah dipasang ternyata hanya jadi pajangan. Kami menilai hanya sebagai pemborosan anggaran," katanya. 
 
Oleh karena itu, pihak Pemkab. Bengkalis ada Bappeda untuk melihat kegiatan SKPD setiap tahun. Jika memang dianggap akan terjadi pemborosan anggaran, sangat perlu dicoret dan diminta membuat rencana kegiatan yang berhubungan langsung dan menyentuh kepada masyarakat secara umum. 
 
 
teu/rpg/radarriaunet.com