Sejumlah Ormas dan Tokoh Betawi Dukung Yusril dalam Pilkada

Administrator - Senin,29 Agustus 2016 - 09:11:51 wib
Sejumlah Ormas dan Tokoh Betawi Dukung Yusril dalam Pilkada
Yusril didukung sejumlah ormas dan tokoh Betawi untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta. cnn

RADARRIAUNET.COM - Sejumlah tokoh dan organisasi masyarakat Betawi mendeklarasikan dukungan untuk Yusril Ihza Mahendra sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada tahun depan. Yusril diharapkan bisa menjadi pesaing untuk Basuki Tjahaja Purnama.

Seperti diberitakan Detikcom, ormas Betawi yang menyatakan dukungannya di antaranya adalah Forum Betawi Rempug (FBR) dan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Mereka bergabung dengan kelompok Pendukung Yusril (Penyu) menyatakan dukungannya di sebuah restoran di Jakarta, Minggu (28/8).

Sementara tokoh yang hadir adalah Abraham Lunggana atau Haji Lulung, Ketua Umum Bamus Betawi Nachrowi Ramli, Ketua Dewan Pembinan Bamus Betawi Zainudin (Oding), dan mantan Wakil Gubernur Jakarta Prijanto. Musikus Ahmad Dhani juga terlihat hadir.

Prijanto saat memberikan penyataan mengatakan, Yusril pantas didukung untuk jadi Gubernur DKI Jakarta. "Pemimpin amanah rakyat adalah pemimpin yang taat, kepercayaan rakyat. Mengapa saya mendukung? Ada nilai-nilai dalam pribadi Pak Yusril," kata Prijanto.

Meski sudah didukung sejumlah tokoh dan ormas, sampai saat ini Yusril belum mendapatkan dukungan dari partai politik. Padahal, dukungan parpol adalah modal utama untuk bisa mencalonkan diri.

Yusril sempat mengikuti penjaringan yang dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Namun sampai saat ini belum ada kabar soal sosok yang akan diusung PDIP.

PDI Perjuangan bahkan belum menentukan arah dukungan, apakah akan mengusung Basuki Tjajaha Purnama, bergabung dengan Koalisi Kekeluargaan atau mengusung pasangan calon sendiri.

Nama Yusril juga sempat disebut Partai Kebangkitan Bangsa untuk jadi calon wakil gubernur bagi Sandiaga Uno.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan mengatakan, Yusril diusung karena selama ini belum ada satupun partai politik yang mengusulkannya.

"Kami merapatkannya kemarin (Senin) dan banyak masukan yang mengusulkan nama Pak Yusril," kata Daniel kepada awak media, Selasa (23/8).


cnn/radarriaunet.com