Polda Riau Dalami Kebakaran Lahan 2 Perusahaan di Rohul

Administrator - Jumat,26 Agustus 2016 - 21:31:55 wib
Polda Riau Dalami Kebakaran Lahan 2 Perusahaan di Rohul
Lahan terbakar. ant/elshinta.com
RADARRIAUNET.COM - Polda Riau kini mendalami kebakaran lahan seluas 350 hektare di areal milik dua perusahaan di Rohul, masing masing PT APSL dan PT BDB.
 
Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Riau kini mendalami kebakaran lahan yang terjadi di areal konsesi milik dua perusahaan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).
 
Hal itu diungkapkan Direktur Ditreskrimsus Polda Riau Kombes Pol Rivai Sinambela di damping Kabid Humas AKBP Guntur Aryo Tejo, Jumat (26/8/16). Ditegaskan Sinambela, pihaknya sedang menangani penyelidikan kasus kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di areal yang diduga milik dua peruhaan di Rohul.
 
"Kita tidak ingin kasus yang sudah kita LP (laporan polisi, Red) karena tidak cukup bukti lalu di-SP-3-kan (dihentikan penyelidikannya, Red),'' katanya.
 
Sehingga, imbuh Sinambela, dua perusahaan yang diduga melakukan pembakaran lahan di Rohul sudah diarahkan Kasatserse Polres setempat untuk melakukan penyelidikan secara maksimal. "(Mereka, Red) dibantu oleh penyidik Polda Riau. Setelah penyelidikannya maksimal baru kita ambil alih,'' pungkasnya.
 
Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rohul Sukiman menyatakan pihaknya secara penuh menyerahkan proses hukum kasus karlahut di daerahnya kepada pihak kepolisiannya. Kasus karlahut terakhir, lebih dari 350 hektare lahan gambut yang di Kecamatan Bonai Darussalam terbakar. Sebagian besar lahan yang terbakar itu berada di areal PT Andika Permata Sawit Lestari (APSL) dan PT Bina Daya Bentala (BDB). Sisanya sebagian kecil lagi milik masyarakat.
 
"Permasalahan kebakaran lahan kita serahkan ke pihak kepolisian, untuk penyelidikan dan proses hukumnya," katanya kepada wartawan usai kegiatan coffee morning dengan Ormas, OKP, LSM dan organisasi wartawan, di aula lantai 3 kantor Bupati Rohul, Selasa (23/8/16) lalu.
 
rtc/radarriaunet.com